Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Jatim Minta Semua Polres Mencontoh Pelayanan Publik Polres Madiun

Kompas.com - 16/10/2018, 06:42 WIB
Muhlis Al Alawi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MADIUN, KOMPAS.com — Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol Luki Hermawan memberikan apresiasi terhadap prestasi yang diperoleh Kapolres Madiun, AKBP I Made Agus Prasatya terkait pelayanan publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Orang nomor satu di Polda Jatim ini meminta seluruh polres untuk mengikuti jejak Polres Madiun yang berhasil menyabet penghargaan Top 99 sistem informasi inovasi pelayanan publik (sinovik) 2018 dari Kemenpan RB.

"Kami perintahkan seluruh polres untuk mengikuti jejak Polres Madiun untuk memperoleh penghargaan pelayanan terbaik," ujar Kapolda Luki.

Tak hanya Polres Madiun, kata Luki, ia juga meminta seluruh polres se Jawa Timur mengikuti jejak beberapa polres yang mendapatkan penghargaan tentang pelayanan publik.

Baca juga: Mampu Atasi Konflik Pendekar, Polres Madiun Raih Penghargaan

"Kemarin ada empat polres. Nanti akan menyusul tiga lagi," kata Luki.

Selaku kapolda baru, lanjut Luki, prestasi yang ditorehkan tujuh polres se Jawa Timur terkait pelayanan publik membanggakan jajarannya. Dengan demikian, seluruh polres akan berlomba memperbaiki pelayanan publik untuk meraih penghargaan.

Diberitakan sebelumnya, Program Bhayangkara Respon Empati Modern (BREM) Kamtibmas Polres Madiun menyabet penghargaan Top 99 sistem informasi inovasi pelayanan publik (sinovik) 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Program Polres Madiun Brem Kamtibmas unggul masuk Top 99 mengalahkan 2.842 peserta instansi pelayanan publik seluruh Indonesia, baik tingkat kementerian maupun lembaga lainnya.

Baca juga: Pungli Rp 100.000, Anggota Polres Madiun Dihukum Mengaji dan Shalat

BREM Kamtibmas unggul dengan programnya berupa upaya proaktif Polres Madiun menyelesaikan permasalahan kamtibmas dan kamseltibcar lantas. Salah satunya adalah keberhasilan Polres Madiun menangani konflik pesilat.

Menteri PAN dan RB Syafrudin menyerahkan langsung penghargaan itu kepada Kapolres Madiun AKBP I Made Agus Prasatya.

Kapolres Madiun AKBP I Made Agus Prasatya yang dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (21/9/2018) pagi membenarkan telah menerima penghargaan Top 99 pelayanan publik dari Kemenpan RB di Surabaya, Rabu (19/9/2018).

"Program BREM ini mempunyai keunggulan peran aktif polisi untuk menjaga stabilitas kamtibmas di Kabupaten Madiun. Program kami buat lantaran Polres Madiun berada di tengah kultur masyarakat Mataraman yang berbeda dengan wilayah lain. Kami menggunakan istilah BREM karena brem merupakan makanan tradisional khas Madiun sehingga mudah diingat orang," kata Made. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com