Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pecahkan Rekor Muri, 5.000 Perempuan Kenakan Batik di Gedung Sate

Kompas.com - 09/10/2018, 12:14 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Dalam momentum memperingati hari batik nasional, Dewan Pengurus Daerah Permumpulan Perempuan Wirausaha Jawa Barat (DPD Perwira Jabar) berhasil memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) dengan mengumpulkan 5.000 perempuan berbusana batik terbanyak dalam sehari.

Kegiatan tersebut digelar di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Selasa (9/10/2018).

Ketua DPD Perwira Jabar, Rini Sujiyanti mengatakan, berdasarkan data panitia ada 7.000 peserta yang terlibat.

"Kami Perwira selenggarakan kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap anak bangsa, selain rekor Muri untuk masyarakat Jabar, ada kegiatan di Gedung Sate, yaitu pameran bazar UKM dan UMKM," ujar dia.

Menurut Rini, batik bisa jadi potensi ekonomi di Jabar. Bahkan, menurut Rini, konsep pengembangan batik bisa masuk ke program satu desa satu perusahaan.

"Kami sudah terbentuk di 27 kabupaten/kota, kami akan angkat, kembangkan dan memajukan batik daerah. Kita mendukung satu desa satu produk," ucap Rini.

Baca juga: Batik Asal Malang Diminati Produsen Fesyen Ternama Hermes

Sementara itu, Ketua DPP Perwira Elza Syarif Nasution menambahkan, Perwira memiliki tugas besar dalam menjaga dan melestarikan batik sebagai warisan tak benda yang sudah diakui dunia.

Selain itu, dia meminta agar Perwira membina UKM menaikkan standard mana yang bisa dijual di daerah, nasional dan internasional.

Di tempat yang sama, Senior Manajer Muri, Yusuf Ngadri mengatakan, pihaknya akan mencatat kegiatan sehari dengan berbusana batik terbanyak yaitu 5.000 orang sebagai rekor Muri. Nantinya catatan tersebut akan dicetak dalam buku rekor Muri 2018 yang akan terbit pada tahun depan. 

"Kami dukung kegiatan ini, terlebih batik merupakan warisan adiluhung bangsa, warisan budaya Indonesia yang diakui Unesco," jelasnya.

Baca juga: Pertama di Indonesia, Galeri Batik Digital Diluncurkan di Solo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com