Tolak Benny Bachtiar Jadi Sekda Kota Bandung, Oded Ajukan Ema Sumarna

Kompas.com - 08/10/2018, 20:13 WIB
Oded M Danial usai rapat Pleno PAN di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang 45, Bandung, Sabtu (6/1/2018). TRIBUNJABAR.CO.ID/ISAL MAWARDIOded M Danial usai rapat Pleno PAN di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang 45, Bandung, Sabtu (6/1/2018).

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Oded M Danial mengaku sudah berkonsultasi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terkait penolakannya untuk melantik Benny Bachtiar sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung terpilih pemenang lelang jabatan terbuka.

“Saya komunikasi dengan Pak Gubernur juga dengan pihak Kemendagri,” kata Oded saat ditemui di Balai Kota Bandung, Senin (8/10/2018).

Lebih lanjut Oded menambahkan, dirinya mengusulkan nama Ema Sumarna sebagai Sekda Kota Bandung yang baru meski nama Benny Bachtiar sudah ditetapkan sebagai Sekda Kota Bandung terpilih oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Surat Keputusan Kementerian Dalam Negeri nomor 821/7288/SJ.

“Karena waktu ngobrol sama Pak Emil yang ditawarin cuma Pak Benny sama Pak Ema Sumarna,” akunya.

Oded mengatakan Gubernur Jawa Barat Ridwa Kamil masih menunggu keputusan Kementrian Dalam Negeri terkait penggantian nama Sekda Kota Bandung dari Benny Bachtiar menjadi Ema Sumarna.

“Responsnya dari beliau prinsipnya mencari win win solution lah,” pungkasnya.

Baca juga: Tarik Ulur Sekda Kota Bandung, Ridwan Kamil Tunggu Arahan Kemendagri

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku akan menunggu arahan dari Kemendagri menyikapi polemik pelantikan Benny Bachtiar sebagai Sekretaris Daerah Kota Bandung.

"Sesuai aturan saja, Pak Oded kan kirim surat-suratnya sedang di-forward ke Kemendagri, saya tunggu balasan Kemendagri. Jadi seorang gubernur itu perwakilan pusat di daerah. Karena ini keputusannya bukan di gubernur, dari Kemendagri. Maka saya tunggu keputusan Kemendagri. Karena ada surat menyurat lagi ya saya tunggu itu saja," kata Ridwan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Senin (8/10/2018).

Pria yang akrab disapa Emil itu menegaskan tak menyelipkan kepentingan apapun dalam proses penunjukan Benny Bachtiar sebagai Sekda Kota Bandung.

"Jadi jangan berspekulasi macam-macam. Saya tidak ada kepentingan apa-apa. Yang saya junjung tinggi adalah peraturan, jadi saya tunggu surat balasan Kemendagri terhadap surat dari Mang Oded gitu. Jangan diperpanjang ke yang macam-macam," tuturnya.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri, Soni Sumarsono angkat suara soal masalah itu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X