Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepekan Dicari, Atlet Voli Ditemukan Tewas Tenggelam di Pantai Cikepuh

Kompas.com - 03/09/2018, 12:32 WIB
Aprillia Ika

Editor

Sumber Antara

SUKABUMI, KOMPAS.com - Setelah sepekan melakukan pencarian, Tim SAR akhirnya menemukan jasad atlet voli yang tenggelam di Pantai Cikepuh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) pada Minggu (2/9/2018). 

Korban sendiri dilaporkan hilang sejak Selasa (28/8/2018). Korban ditemukan oleh tim SAR gabungan di Perairan Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.

"Korban ditemukan oleh Tim Satpol Air Binuangeun, Banten dan Kantor SAR Basarnas Jakarta. Jarak dari lokasi hilang tenggelam hingga ditemukan pun cukup jauh sekitar 70 mil laut," kata Ketua Forum Koordinas SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi Okih Pajri di Sukabumi, Senin (3/9/2018), seperti dikutip dari Antara. 

Informasi yang dihimpun, korban yang diketahui bernama Dede Iqbal (19), warga Kampung Batunamprak, RT 03, RW 09, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. 

Baca juga: Dua Pria Tewas Tenggelam di Sungai Serayu Saat Hanyutkan Kayu

Dede hilang tenggelam saat tengah memancing bersama ayahnya di Pantai Cikepuh di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas.

Saat hendak pindah tempat, korban terpeleset dan jasadnya langsung terbawa arus ke tengah laut.

Ayah korban yang berupaya menyelamatkan anaknya tersebut tidak berhasil karena lokasinya berkarang dan gelombang pun tinggi ditambah arus laut deras.

Mengenakan kaos tim voli

Tim SAR gabungan dari Kabupaten Sukabumi yang menerima laporan tersebut langsung mencari jasad korban namun tidak berhasil menemukan karena gelombang tinggi dan arus kencang.

Baca juga: Terpopuler: Tiga Kota di Asia Tenggara Terancam Tenggelam

Diduga saat korban tenggelam jasadnya terbawa hingga perairan Laut Banten dan ditemukan olah petugas Satpol Air Binuangeun yang juga tengah melakukan pencarian korban hilang tenggelam warga Bogor di Pantai Sawarna.

"Kami mendapat informasi dari Pol Air Binuangeun yang menyebutkan adanya jasd korban kecelakaan laut. Setelah diperiksa oleh keluarga korban ternyata jasad itu benar merupakan Dede Iqbal dengan ciri-ciri masih menggunakan kaos tim voli," tambahnya.

Okih mengatakan kondisi korban saat ditemukan sudah tidak berbentuk seperti bagian muka sudah rusak dan mengeluarkan aroma tidak sedap karena tenggelam hampir sepekan.

Setelah dievakuasi dan dibawa ke RSUD Palabuhanratu, jasad korban pun diserahkan kepada keluarganya untuk dikebumikan. Dengan ditemukannya jasad atlet voli tersebut maka operasi SAR ditutup. 

Kompas TV Kapal Layar Motor Wahyu Ilahi 02, yang dikabarkan hilang kontak, Jumat (31/8)kemarin, dipastikan terbakar di Perairan Bima, Nusa Tenggara Timur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com