Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atlet Pencak Silat Asal Garut Panen Medali Emas, Ini Hadiah dari Warga

Kompas.com - 29/08/2018, 16:52 WIB
Ari Maulana Karang,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

GARUT, KOMPAS.com - Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman mengaku sangat bahagia dan terharu atas prestasi yang diraih atlet-atlet pencak silat asal Garut di ajang Asian Games 2018. Enam atlet Garut berhasil meraih medali emas dari cabang beregu putra dan putri.

Helmi akan menyiapkan pawai penyambutan terhadap keenam atlet pencak silat tersebut saat pulang ke Garut.

"Kami akan (siapkan) pawai, buat penyambutan. Masyarakat Garut mau menyambut mereka," ungkanya seusai menyaksikan langsung laga para atlet pencak silat Garut di TMII Jakarta, Rabu (29/8/2018).

Baca juga: Jokowi: Perjuangan Atlet Sangat Habis-habisan, Semua untuk Indonesia

Medali emas dari cabang olahraga pencak silat beregu putra dan putri berhasil dikawinkan setelah tim pencak silat beregu putri Indonesia mengungguli tim Vietnam dan Thailand pada laga Rabu (29/8/2018) di Padepokan Pencak Silat Nasional Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Luthfi Nurhasanah, Gina Tri Lestari, dan Pramudita Yuristiya adalah tiga atlet pencak silat dari Garut yang berhasil meraih medali emas dalam nomor beregu.

Baca juga: Kisah di Balik Prestasi 5 Atlet Indonesia, dari Menjadi Buruh Cuci hingga Tukang Lipat Parasut

Tim pencak silat beregu putri Indonesia unggul tipis dari tim pencak silat beregu putri Vietnam dengan Raihan poin 464, sementara Vietnam meraih poin 448.

Sementara itu, menurut Helmi, pemerintah daerah akan memberi bonus sebesar Rp 100 juta untuk setiap atlet peraih medali emas.

"Kami berterima kasih kepada pemerintah pusat yang sudah menyiapkan bonus. Kami juga siapkan bonus Rp 100 juta untuk tiap medali emas," katanya.

Baca juga: Kisah Pemain Sepak Takraw Asian Games: Diabaikan KONI hingga Mendaur Ulang Bola Rusak

Rasa bangga juga diungkapkan oleh Ketua KONI Kabupaten Garut Abdusy Syakur Amin atas raihan dua emas pada cabang beregu putra dan putri oleh atlet Garut. Capaian ini menggenapi hasil yang dicapai tim beregu putra sebelumnya.

"Alhamdulillah, ini jadi kebanggaan buat bangsa Indonesia dan juga kebanggan bagi orang Garut," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com