Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: 111 Titik Panas Terpantau di Wilayah Sumatera

Kompas.com - 12/08/2018, 07:22 WIB
Citra Indriani,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Sabtu (11/8/2018) kemarin mencatat 111 titik panas (hot spot) terpantau di Pulau Sumatera. Satelit Aqua dan Terra BMKG kemarin mendeteksi titik-titik panas itu.

Bibin Sulianto dari BMKG Pekanbaru mengatakan, titik panas terbanyak terpantau di wilayah Riau, yakni 46 titik.

Bibin menjelaskan, 111 titik panas itu terpantau  Sumatra Utara (10 titik), Sumatra Barat (11 titik), Sumatra Selatan (10 titik), Jambi (4 titik), Lampung (7 titik),  Bengkulu (2 titik), Bangka Belitung (6 titik), dan Riau (46 titik).

Di Riau, 46 hot spot itu tersebar di 7 kabupaten dan kota, yakni 8 titik di Kabupaten Bengkalis, 3 titik di Kabupaten Pelalawan, 1 titik masing-masing di Kabupaten Meranti, Kuansing, Rokan Hulu, dan Kota Duma, Hot spot terbanyak, yaitu 31 titik terdapat di Kabupaten Rokan Hilir.

Baca juga: 4 Helikopter Water Bombing Lakukan Pemadaman Kebakaran Hutan di Riau

Dari 46 titik itu, yang kondisinya di atas 70 persen atau sudah merupakan titik api sebanyak 27 titik, yaitu 6 titik di Kabupaten Bengkalis, 18 titik di Kabupaten Rokan Hilir, serta 1 titik masing masingnya di Kabupaten Kuansing, Pelalawan dan Dumai.

Diprakirakan cuaca panas di Riau masih akan terjadi hingga tiga hari ke depan. Potensi hujan diprakirakan baru akan terjadi pada 15 Agustus ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com