BMKG: 111 Titik Panas Terpantau di Wilayah Sumatera

Kompas.com - 12/08/2018, 07:22 WIB
Petugas kepolisian melakukan pemadaman api pada sebuah lahan yang terbakar di Riau. Kompas.com/dok. Polda Riau KOMPAS.com/ IDON TANJUNGPetugas kepolisian melakukan pemadaman api pada sebuah lahan yang terbakar di Riau. Kompas.com/dok. Polda Riau

PEKANBARU, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Sabtu (11/8/2018) kemarin mencatat 111 titik panas (hot spot) terpantau di Pulau Sumatera. Satelit Aqua dan Terra BMKG kemarin mendeteksi titik-titik panas itu.

Bibin Sulianto dari BMKG Pekanbaru mengatakan, titik panas terbanyak terpantau di wilayah Riau, yakni 46 titik.

Bibin menjelaskan, 111 titik panas itu terpantau  Sumatra Utara (10 titik), Sumatra Barat (11 titik), Sumatra Selatan (10 titik), Jambi (4 titik), Lampung (7 titik),  Bengkulu (2 titik), Bangka Belitung (6 titik), dan Riau (46 titik).

Di Riau, 46 hot spot itu tersebar di 7 kabupaten dan kota, yakni 8 titik di Kabupaten Bengkalis, 3 titik di Kabupaten Pelalawan, 1 titik masing-masing di Kabupaten Meranti, Kuansing, Rokan Hulu, dan Kota Duma, Hot spot terbanyak, yaitu 31 titik terdapat di Kabupaten Rokan Hilir.


Baca juga: 4 Helikopter Water Bombing Lakukan Pemadaman Kebakaran Hutan di Riau

Dari 46 titik itu, yang kondisinya di atas 70 persen atau sudah merupakan titik api sebanyak 27 titik, yaitu 6 titik di Kabupaten Bengkalis, 18 titik di Kabupaten Rokan Hilir, serta 1 titik masing masingnya di Kabupaten Kuansing, Pelalawan dan Dumai.

Diprakirakan cuaca panas di Riau masih akan terjadi hingga tiga hari ke depan. Potensi hujan diprakirakan baru akan terjadi pada 15 Agustus ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X