Putus Tali Kemudi, Kapal Motor Berisi 64 Orang Berhenti di Tengah Danau Toba - Kompas.com

Putus Tali Kemudi, Kapal Motor Berisi 64 Orang Berhenti di Tengah Danau Toba

Kompas.com - 11/07/2018, 09:16 WIB
Foto kolase proses evakuasi KM Roma Parsaulian yang putus tali kemudi di perairan Danau Toba, Samosir, Sumatera Utara, Selasa (10/7). KM Roma Parsaulian yang mengangkut puluhan penumpang dari Pelabuhan Nainggolan, Samosir menuju Pelabuhan Ajibata, Toba Samosir mengalami putus tali kemudi di tengah perairan Danau Toba akibat gelombang tinggi, tapi seluruh penumpang berhasil dievakuasi. ANTARA FOTO/SAR Danau Toba/im/ama/18.SAR DANAU TOBA Foto kolase proses evakuasi KM Roma Parsaulian yang putus tali kemudi di perairan Danau Toba, Samosir, Sumatera Utara, Selasa (10/7). KM Roma Parsaulian yang mengangkut puluhan penumpang dari Pelabuhan Nainggolan, Samosir menuju Pelabuhan Ajibata, Toba Samosir mengalami putus tali kemudi di tengah perairan Danau Toba akibat gelombang tinggi, tapi seluruh penumpang berhasil dievakuasi. ANTARA FOTO/SAR Danau Toba/im/ama/18.

MEDAN, KOMPAS.com - Tali kemudi KM Roma Parsaulia putus saat melayani penyeberangan penumpang di Danau Toba, Sumatera Utara, Selasa (10/7/2018).

Akibatnya, kapal berhenti di tengah perairan Danau Toba dan tidak dapat melanjutkan pelayaran menuju Pelabuhan Ajibata di Kabupaten Toba Samosir. Kapal sebelumnya berangkat dari Pelabuhan Nainggolan.

Baca juga: Apakah KM Sinar Bangun Akan Diangkat, atau Tabur Bunga Mendoakan Korban?

Kapal akhirnya berhasil diselamatkan dari cuaca yang mulai memburuk berkat pertolongan dari tim SAR.

Kepala SAR Posko Parapat Torang Hutahaean mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi bahwa KM Roma Parsaulia mengalami putus tali kemudi pada pukul 11.00 WIB.

Dengan menggunakan kapal SAR, pihaknya langsung menuju lokasi di dekat Desa Horsik, Kabupaten Toba Samosir.

Baca juga: Kadishub Samosir Jadi Tersangka Tenggelamnya KM Sinar Bangun

KM Roma Parsaulia akhirnya ditarik dengan bantuan kapal milik PT Aquafarm dan KM Bundo yang berada di Pelabuhan Ajibata.

"Sekitar setengah jam, kapalnya dapat ditarik ke Pelabuhan Ajibata," kata Torang saat dihubungi.

Baca juga: Lihat Warga Ajukan SKTM Pakai Motor 250 CC, Priyanto Lapor Polisi

Dari keterangan yang diperoleh, KM Roma Parsaulia berlayar dari Pelabuhan Nainggolan dengan membawa penumpang sebanyak 64 orang. Meski kondisi cuaca mulai memburuk, tetapi tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.


Terkini Lainnya


Close Ads X