Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Feri Dikandaskan, Viral Video Diduga Uang Rp 30 Miliar Berhamburan di Laut

Kompas.com - 03/07/2018, 22:27 WIB
Hendra Cipto,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Beredar video diduga uang Rp 30 miliar yang diangkut oleh kapal feri KM Lestari Maju yang dikandaskan saat hendak tenggelam di dekat Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7/2018).

Video yang berdurasi 2 menit 17 detik yang beredar, nampak beberapa penumpang KM Lestari Maju mengenakan jaket pelampung terombang-ambing di laut. Sementara itu, di sekitar korban tampak serpihan-serpihan kertas berwarna merah yang diduga uang Rp 30 miliar berhamburan di laut.

Belum jelas siapa yang mengambil video tersebut, apakah diambil oleh warga ataukah penumpang KM Lestari Maju yang telah berhasil dievakuasi di daratan di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Baca juga: Viral, Video Detik-detik Kapal Feri Tenggelam di Selayar yang Direkam Penumpang

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Polisi Dicky Sondani yang dikonfirmasi mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan serpihan-sepihan kertas yang berwarna merah tersebut adalah uang Rp 30 miliar.

“Kami belum bisa pastikan itu, apakah sampah atau uang Rp 30 miliar yang dibawa ke Kabupaten Selayar yang berhamburan di laut. Tapi dilihat bentoknya dan warnanya merah-merah, seperti kayak uang pecahan seratus ribuan,” katanya.

Dicky mengungkapkan, sebagian penumpang KM Lestari Maju yang mengangkut 139 orang telah dievakuasi ke daratan. Namun sebagian lagi penumpang, masih ada yang belum berhasil dievakuasi dari KM Lestari Maju yang sengaja dikandaskan sebelum tenggelam.

“KM Lestari Maju sebentar lagi akan sandar di dermaga, ya kira-kira sekitar 15 menit atau jaraknya sekitar 200 meter dari dermaga. Makanya sengaja dikandaskan, karena air sudah memenuhi lambung kapal akibat mengalami kebocoran,” tandasnya.

Baca juga: Uang Rp 30 Miliar Tenggelam Bersama Kapal Feri di Selayar untuk Gaji Ke-13 PNS

Kompas TV KM Lestari Maju yang tenggelam di Perairan Selayar Sulawesi Selatan, juga mengangkut uang senilai Rp 30 miliar.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com