Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Detik-detik Kapal Feri Tenggelam di Selayar yang Direkam Penumpang

Kompas.com - 03/07/2018, 19:43 WIB
Hendra Cipto,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Video detik-detik olengnya kapal feri KM Lestari Maju di perairan Selayar, Sulawesi Selatan, viral di media sosial, Selasa (3/7/2018). Tak hanya itu, rekaman live para penumpang yang meminta bangunan juta turut viral.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Polisi Dicky Sondani membenarkan bahwa video-video yang beredar tersebut merupakan rekaman dari sejumlah penumpang kapal feri KM Lestari Maju.

“Sempat beberapa warga merekam video saat kapal oleng dan penumpang panik sambil mengenakan jaket pelampung. Selain itu, ada pula yang melakukan live di media sosial untuk memberikan sinyal kepada masyarakat yang berada di darat,” katanya, Selasa.

Baca juga: Kapal Feri yang Tenggelam di Selayar Bawa Uang Tunai Rp 30 Miliar

Salah satunya yang viral di media sosial adalah video live streaming berdurasi 4 menit yang diunggah pemilik akun Facebook bernama Ekha Nursalam Suardi.

Dalam video tersebut, Ekha memperlihatkan kondisi kapal yang sudah mulai karam. Sambil memberikan penjelasan, dia menjelaskan bahwa live streaming yang dilakukan bukan untuk gaya-gayaan, tetapi untuk memberikan sinyal kepada warga yang berada di darat.

Baca juga: Anak Bungsu Nining: Saya Yakin Ini Ibu...

Sebelumnya diberitakan, kapal feri KM Lestari Maju tenggelam saat melayani penyeberangan dari Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba, ke Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan, sekitar pukul 14.30 Wita.

Sesuai dengan manifes, kapal tersebut membawa 139 orang penumpang, 14 mobil pribadi, 6 unit bus atau truk, dan 8 unit motor.

Baca juga: Korban Tewas Kapal Feri yang Tenggelam di Selayar Bertambah Jadi 12 Orang

Kapal juga membawa uang tunai sebanyak Rp 30 miliar milik Bank Sulselbar yang hendak dibawa ke Kabupaten Selayar untuk pembayaran gaji ke-13 PNS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com