Buaya Muncul di Sungai Citarum Bandung, BKSDA Turun Tangan

Kompas.com - 04/06/2018, 18:48 WIB
Seekor Buaya terlihat tengah berjemur di gundukan tanah di tengah sungai citarum Foto Dokumentasi BKSDA Jabar.Seekor Buaya terlihat tengah berjemur di gundukan tanah di tengah sungai citarum

BANDUNG, KOMPAS.com - Seekor buaya muncul di Sungai Cisangkuy, tepatnya di sekitar belakang Rumah Makan Rencong atau di sekitar badan sungai pertemuan antara Sungai Cisangkuy dengan Sungai Citarum.

Kejadian itu sempat menggegerkan warga sekitar sungai.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jabar, Sustyo Iriono menjelaskan, buaya tersebut pertama kali ditemukan warga pada Kamis (24/5/2018) lalu.

Berdasarkan laporan tersebut, keesokan harinya, Jum at (25/5/2018), Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL dari Seksi Konservasi Wilayah III BBKSDA Jawa Barat turun ke lapangan untuk melakukan pencarian dengan menyisir badan sungai di sekitar munculnya buaya tersebut.

Namun upaya tersebut tidak membuahkan hasil. Tim tidak menemukan tanda-tanda kemunculan buaya tersebut.

Meski begitu, berdasarkan kesepakatan dengan aparat kecamatan dan desa setempat, tim akhirnya melakukan pengamatan menunggu kemunculan buaya tersebut.

"Selang waktu satu minggu, tepatnya pada hari Jumat, 01 Juni 2018, satwa Buaya tersebut muncul kembali di badan Sungai Citarum. Kali ini di lokasi di sekitar Jembatan Gantung Kampung Parunghalang, Desa Andir, Baleendah, Bandung," jelas Sustyo di kantor BKSD Jabar, Jalan Gede Bage, Kota Bandung, Senin (4/6/2018).

Baca juga: Lagi, Seekor Buaya Senyulong Terjaring di Sungai Areal Kebun Sawit

Pada saat muncul, buaya kecil jenis buaya muara (crocodylus porosus) tersebut sedang berjemur. Buaya yang berukuran 1 meter lebih itu terlihat berdiam diri di gundukan tanah di tengah-tengah badan Sungai Citarum.

"Indikasinya buaya tersebut adalah satwa peliharaan yang lepas atau dilepaskan, mengingat bahwa wilayah Baleendah adalah daerah laten banjir hampir setiap tahun," ujar Sustyo.

Esoknya, tim gabungan yang terdiri dari Tim Gugus Tugas BBKSDA Jawa Barat dibantu oleh tim dari Kebun Binatang Bandung, dan personel dari ACT berupaya untuk melakukan evakuasi.

Tim melakukan penangkapan beberapa kali dengan alat bantu perahu karet, tongkat kolong pengait dan umpan anak ayam, namun belum berhasil.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X