Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aher: Desain Pintu Tol Gedebage Bandung Seperti di Luar Negeri

Kompas.com - 05/04/2018, 20:39 WIB
Putra Prima Perdana,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pembangunan pintu tol Gedebage KM 149 dimulai. Pintu keluar Tol Gedebage ini akan menghubungkan Tol Padaleunyi dan Jalan Soekarno-Hatta. 

 

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan, seharusnya pembangunan pintu tol Gedebage ini selesai sebelum PON Jawa Barat 2016 lalu sebagai akses jalan menuju Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

“Ternyata, karena kebutuhan pembangunan yang cukup besar, kita tidak mampu mengejar. Akhirnya untuk (menunjang) akses PON kemarin kita pakai jalan lain,” ujar Aher dalam sambutannya, Kamis (5/4/2018).

Aher menjelaskan, Pemprov Jabar bekerjasama dengan PT Summarecon Agung Tbk untuk membangun pintu tol tersebut. Dana Rp 100 miliar untuk pembangunan berasal dari Summarecon, sedangkan lahannya milik Pemprov Jabar. 

(Baca juga : Mudik Lebaran, Bandara Kertajati Bisa Layani 5 Penerbangan Domestik)

"Lahan yang digunakan untuk infrastruktur berupa pembangunan jalan, bundaran, dan flyover sepanjang lebih dari 2,5 kilometer yang menghubungkan pintu tol Gedebage dengan jalan umum lainnya merupakan milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat seluas 48.912 meter," katanya. 

Dalam kunjungannya tersebut, Aher pun memuji desain pintu tol Gedebage. “Membuat mata lebih nyaman, desainnya seperti di luar negeri, tidak sareukseuk. Ini percontohan ramah lingkungan,” pungkasnya. 

Kompas TV Menhub menyatakan, Bandara Kertajati siap digunakan pada Juni 2018 mendatang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com