Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moeldoko Pastikan Kereta LRT Palembang Siap untuk Asian Games 2018

Kompas.com - 30/03/2018, 15:48 WIB
Moh Nadlir,
Farid Assifa

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, mengatakan, pengerjaan rangkaian kereta kereta Light Rail Transit (LRT) Palembang di PT Industri Kereta Api (Inka) Madiun, Jawa Timur, telah selesai.

Saat ini, kata Moeldoko, rangkaian kereta LRT tersebut dalam tahap uji coba sebelum dikirim ke Palembang pada 10 April mendatang. Rangkaian kereta LRT akan dikirim dengan menggunakan kapal laut secara bertahap hingga Mei 2018.

Total ada delapan rangkaian kereta LRT dengan 24 gerbong yang dikerjakan PT Inka. Setiap gerbong kereta LRT diketahui mampu menampung 200-300 penumpang. Kereta LRT itu dilengkapi AC dan kamera CCTV.

"Kita pastikan keretanya siap buat Asian Games Agustus nanti,” kata Moeldoko dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/2/2018).

Baca juga : Moeldoko Ingatkan Perusahaan Tak Semena-mena dengan Pengemudi Ojek Online

Moeldoko pun mengapresiasi PT Inka yang berupaya menyelesaikan pengerjaan kereta LRT dengan tepat waktu. Dalam kunjungannya kemarin, Kamis (29/3/2018), ia juga berpesan kepada seluruh jajaran PT Inka untuk terus melakukan inovasi memikirkan pembuatan kereta masa depan.

"Tanpa inovasi dan antisipasi, maka industri kita akan tertinggal dari negara-negara lain," kata Moeldoko.

Menurut Moeldoko, PT Inka perlu memikirkan bagaimana mewujudkan kereta listrik modern dengan menggunakan baterai. Penggunaan baterai jadi salah satu inovasi karena masa depan industri tidak lagi bergantung pada bahan bakar yang tidak terbarukan.

Baca juga : Moeldoko Ingatkan Fungsi Utama Masjid

Apalagi, negara-negara penghasil minyak seperti Arab Saudi dan Irak, misalnya, mengalami perubahan. Cadangan minyak mulai berkurang dan tidak lagi mengandalkan sektor tersebut.

"Kita sedang dikejutkan dengan situasi-situasi yang terjadi di dunia. Kereta api menggunakan baterai bisa dikembangkan karena lebih efisien. Efisiensi akan meningkatkan daya saing kita dengan negara lain," ucap Moeldoko.

Kompas TV Bambang Soesatyo memenuhi undangan KPK.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com