Salin Artikel

Moeldoko Pastikan Kereta LRT Palembang Siap untuk Asian Games 2018

Saat ini, kata Moeldoko, rangkaian kereta LRT tersebut dalam tahap uji coba sebelum dikirim ke Palembang pada 10 April mendatang. Rangkaian kereta LRT akan dikirim dengan menggunakan kapal laut secara bertahap hingga Mei 2018.

Total ada delapan rangkaian kereta LRT dengan 24 gerbong yang dikerjakan PT Inka. Setiap gerbong kereta LRT diketahui mampu menampung 200-300 penumpang. Kereta LRT itu dilengkapi AC dan kamera CCTV.

"Kita pastikan keretanya siap buat Asian Games Agustus nanti,” kata Moeldoko dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/2/2018).

Moeldoko pun mengapresiasi PT Inka yang berupaya menyelesaikan pengerjaan kereta LRT dengan tepat waktu. Dalam kunjungannya kemarin, Kamis (29/3/2018), ia juga berpesan kepada seluruh jajaran PT Inka untuk terus melakukan inovasi memikirkan pembuatan kereta masa depan.

"Tanpa inovasi dan antisipasi, maka industri kita akan tertinggal dari negara-negara lain," kata Moeldoko.

Menurut Moeldoko, PT Inka perlu memikirkan bagaimana mewujudkan kereta listrik modern dengan menggunakan baterai. Penggunaan baterai jadi salah satu inovasi karena masa depan industri tidak lagi bergantung pada bahan bakar yang tidak terbarukan.

Apalagi, negara-negara penghasil minyak seperti Arab Saudi dan Irak, misalnya, mengalami perubahan. Cadangan minyak mulai berkurang dan tidak lagi mengandalkan sektor tersebut.

"Kita sedang dikejutkan dengan situasi-situasi yang terjadi di dunia. Kereta api menggunakan baterai bisa dikembangkan karena lebih efisien. Efisiensi akan meningkatkan daya saing kita dengan negara lain," ucap Moeldoko.

https://regional.kompas.com/read/2018/03/30/15481851/moeldoko-pastikan-kereta-lrt-palembang-siap-untuk-asian-games-2018

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke