Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Survei “Kompas”, Popularitas Khofifah Sedikit Unggul Dibanding Gus Ipul

Kompas.com - 12/03/2018, 13:52 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Hasil survei Litbang Kompas yang dilansir pada Senin (12/3/2018) mencatat tingkat popularitas calon gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mencapai 85 persen, sedikit lebih tinggi dari Saifullah Yusuf, yaitu 77,7 persen.

Sementara untuk calon wakil gubernur, yaitu Emil Dardak dan Puti Guntur, tingkat pengenalan publik sama-sama ada di bawah 40 persen.

Hal tersebut menunjukkan bahwa publik lebih mengenal Khofifah dan Saifullah sebagai calon gubernur Jawa Timur dibandingkan calon wakil gubernurnya. Khofifah dan Saifullah selama ini sama-sama dikenal sebagai tokoh dan kader NU.

Saat ini Khofifah masih menjabat sebagai Ketua Umum PP Muslimat NU, sedangkan Saifullah pernah menjabat sebagai Ketua Umum PP GP ansor dan saat ini menjabat sebagai sebagai salah satu Ketua PBNU.

Baca juga: Survei Kompas: Pilkada Jatim, Elektabilitas Khofifah dan Gus Ipul Hanya Selisih 0,5 Persen

Dukungan responden dari kalangan NU tersebar merata ke Khofifah dan Saifullah. Dari hasil survei terlihat, sebanyak 45,5 persen responden warga NU cenderung memilih Khofifah-Emil.

Sementara 45,7 persen lainnya lebih mendukung Saifullah-Puti. Selain itu, latar belakang dari pemilih responden adalah warga NU.

Sebanyak 82 persen dari pemilih yang memilih Khofifah-Emil adalah warga Nahdliyin, sedangkan warga NU yang memilih Saifullah-Puti sebesar 84 persen.

Baik Khofifah-Emil maupun Saifullah-Puti sama-sama memiliki pemilih loyal. Responden pemilih Khofifah-Emil sebesar 53,1 persen, sedangkan pemilih Saifullah-Puti 56,6 persen.

Mereka adalah pemilih yang sudah mantap dengan pilihannya dan tidak akan berpaling pada pilihan lainnya.

Baca juga: Sama-sama Tiga Kali Ikut Pilkada Jatim, Khofifah dan Gus Ipul Bersaing Makin Ketat



Sementara itu, pilihan responden berdasarkan wilayah, Khofifah-Emil lebih unggul di wilayah Mataraman Pesisir (Bojonegoro, Lamongan, dan Tuban), yaitu 54,1 persen, dibandingkan pasangan Saifullah-Puti, yaitu 44,6 persen.

Di Madura (Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep), Khofifah-Emil lebih unggul, yaitu 50,7 persen, sedangkan Saifullah-Puti 40,00 persen.

Khofifah-Emil juga banyak dipilih responden di Mataraman (Pacitan, Madiun, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, Nganjuk, Kediri, Ngawi, Blitar, dan Tulungagung), yaitu 47,2 persen, dan Saifullah-Puti dipilih oleh 42,6 persen.

Responden pemilih Khofifah-Emil juga terlihat cukup tinggi di Banyuwangi, yaitu mencapai 53,1 persen, sedangkan responden yang memilih Saifullah-Puti sebanyak 40,6 persen.

Angka responden Saifullah-Puti terlihat lebih tinggi di Pandalungan (Pasurun, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, Jember, dan Lumajang), yaitu 48 persen, sedangkan Khofifah-Emil sebesar 44,1 persen.

Saifullah-Puti juga unggul di wilayah Gresik, Surabaya, Malang, Mojokerto, Jombang, dan Sidoarjo dengan pemilih sebesar 44,1 persen, sedangkan Khofifah-Emil sedikit di bawahnya, yaitu 37,4 persen.

Baca juga: Dalam Pilkada Jatim, Sosok Calon Wakil Gubernur Berperan Penting

Kompas TV Ketatnya persaingan terlihat dari adanya kandidat yang mundur karena kampanye hitam.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com