Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Lubang yang Muncul di Gunung Kidul Kian Lebar, Warga Jadi Resah

Kompas.com - 06/02/2018, 19:26 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Warga di Kecamatan Ponjong, Gunung Kidul, Yogyakarta, resah dengan empat lubang yang berada di tengah ladang warga.

Bahkan, di beberapa titik, lubang yang kemudian diketahui sebagai fenomena tanah karst ini semakin melebar.

Salah satunya di Dusun Pringluwang, Desa Bedoyo. Salah satu lubang berada di lahan pertanian milik Suyatmi yang sudah ambles sejak dua bulan terakhir.

"Tanahnya ambles sejak November akhir tahun lalu saat hujan deras itu. Namun, luasnya hanya sekitar 5 meter, dalamnya hanya 2 meter. Saat ini luasnya sudah sampai 10 meter, kedalaman sekitar 5 meter," katanya saat ditemui di ladangnya, Selasa (6/2/2018).

Meluasnya lubang di lahan pertanian produktif miliknya itu hingga kini belum ada penanganan dari pemerintah. Dirinya hanya secara mandiri memasukkan tanah dan bahan lainnya.

"Tidak tahu mau diapakan lagi. Saya khawatir jika melakukan aktivitas di sini karena tanahnya terus melebar meski tak begitu cepat," ucapnya.

(Baca juga: Air di Danau Sedalam 60 Meter di Gunung Kidul Mendadak Habis dalam 2 Jam)

Tak jauh dari lokasi hanya sekitar 300 an meter, lahan milik Sakino juga mengalami hal yang sama. Lubang atasnya berdiamer sekitar 1,5 meter muncul sejak seminggu terakhir.

"Lubang atasnya hanya sekitar 1,5 meter, tetapi bawahnya lebih luas sekitar 3 meter dengan kedalaman 5 meter, baru seminggu yang lalu," ucap Sakino.

Lubang serupa sebenarnya sudah pernah muncul di ladangnya, tetapi hanya sekitar 2 meter dari lokasi saat ini. Lubang pertama muncul sekitar 10 tahun lalu dan sudah bisa tertutup.

"Saya tutup sendiri, lama tapi menutupnya. Ya semoga pemerintah segera mengatasi karena takut juga kalau pergi ke sawah berbahaya," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Bedoyo Supanto mengatakan, saat ini yang tercatat ada amblasan di Dusun Pringluwang dua titik, Surubendo satu titik dan di Bulak Songjembul satu titik.

"Total ada empat titik yang mengalami amblesan di desa kami,"ucapnya.

Dia mengatakan sudah mengomunikasikan kejadian ini dengan pihak kepolisian untuk memasang garis polisi. Ia menduga, amblesnya tanah tersebut karena pengaruh hujan yang tinggi.

"Lubangnya jauh dari pemukiman. Biasanya jika terjadi lubang akan menutup dengan sendirinya," ucapnya.

Kapolsek Ponjong Komisaris Tri Pujo Santoso mengatakan, pihaknya sudah memasang garis polisi untuk menghindari warga masuk ke lokasi.

"Sudah kami pasang garis polisi untuk menghindari korban," pungkasnya.

 

Kompas TV Bukit setinggi 200 meter di Desa Tegal Rejo, Gunung Kidul, Yogyakarta, longsor.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com