Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puti: Akhirnya Bisa Sampai di Tempat Eyang Karno Dilahirkan, Saya Terharu

Kompas.com - 22/01/2018, 11:30 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Puti Guntur Soekarno berkunjung ke rumah tempat dilahirkannya Presiden Soekarno di Pandean Gang IV Nomor 40, Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng, Surabaya, Senin (22/1/2018).

Saat memberikan sambutan, cawagub Jatim pendamping Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di Pilkada Jatim itu sempat tidak kuasa menahan tangis karena terharu.

"Akhirnya saya bisa sampai di rumah tempat Eyang Karno dilahirkan, saya bersyukur dan terharu," kata Puti.

Di rumah sederhana itu, Puti yang didampingi Ketua DPC PDI-P Surabaya Wisnu Sakti Buana sempat memasuki kamar tempat Bung Karno dilahirkan.

"Dulu mungkin tempat tidurnya tidak seperti ini, masih kayu dilapisi tikar dan masih berlantai tanah," ujar cucu Bung Karno ini.

Puti juga sempat berpesan kepada Jamilah, penghuni rumah tersebut agar merawat rumah tersebut dengan baik. Pemerintah, kata dia, akan menjadikan rumah bersejarah tersebut sebagai museum karena memiliki nilai sejarah yang sangat kuat.

"Dari rumah ini, dilahirkan seorang tokoh proklamator, ideolog pendiri bangsa," tegasnya.

Baca juga : Paras Muda dan Cara Bicara Puti Guntur Soekarno Menuai Komentar Warga

Rumah tersebut adalah saksi kesadaran kolektif sejarah bahwa Bung Karno sebenarnya tidak dilahirkan di Blitar, tetapi di Surabaya.

Usai mengunjungi rumah kelahiran kakeknya, Puti bergeser mengunjungi rumah HOS Cokroaminoto yang lokasinya tidak jauh dari Kampung Pandean, tepatnya di Jalan Peneleh VII nomor 29 Surabaya.

Baca juga : Puti Soekarno: Saya Diperintah Merajut Kebangsaan dari Jawa Timur

Di rumah yang pada 27 November 2017 lalu diresmikan sebagai museum oleh Pemkot Surabaya itu, Bung Karno dan beberapa pejuang seperti Darsono, Alimin, Semaun, dan Kertosuwiryo, digembleng oleh HOS Cokroaminoto untuk memperkaya wacana pergerakan dan kepemimpinan.

Kompas TV Bakal calon wakil gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno menyapa warga Surabaya. Puti Soekarno hadir di tengah warga di area CFD di Surabaya, Jawa Timur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com