Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalani Tes Kesehatan, Puti Guntur Berharap Tak Ada Kolesterol dan Asam Urat

Kompas.com - 12/01/2018, 10:12 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Puti Guntur Soekarno dijadwalkan menjalani tes kesehatan fisik pada Jumat (12/1/2018) sebagai salah satu syarat bakal calon wakil gubernur pada Pilkada Jatim 2018. Puti berharap tidak ada penyakit asam urat atau kolesterol dalam tes kesehatan itu.

"Mudah-mudahan sih tidak ada kolesterol dan asam urat," kata Puti, Kamis (11/1/2018) malam.

Cucu mantan Presiden Soekarno itu mengaku tidak memiliki persiapan khusus untuk menjalani tes kesehatan karena dia merasa sudah terbiasa menjaga stamina dan kesehatan.

"Menjaga stamina dan kesehatan kan tidak hanya saat maju pilkada. Saya selalu berolahraga dan menjaga stamina, bahkan kadang diet," ucapnya.

Tes kesehatan juga akan dijalani oleh bakal cagub pasangan Puti Soekarno, yakni Saifullah Yusuf (Gus Ipul), serta pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistyanto Dardak. Kamis kemarin, kedua pasangan bakal cagub dan cawagub itu menjalani tes psikologi.

Kepala Badan Layanan Umum RSU dr Soetomo Surabaya Harsono mengatakan, tes kesehatan fisik terhadap dua pasangan bakal cagub dan cawagub Jatim itu melibatkan sekitar 80 dokter ahli dari berbagai poli, mulai dari mata, jantung, kesehatan gigi dan mulut, hingga telinga hidung tenggorokan.

Untuk menjalani tes kesehatan fisik, para pasangan bakal calon diwajibkan berpuasa sejak malam sebelumnya. "Pemeriksaan fisik pasangan calon untuk pilkada tahun ini lebih detail dari tahun sebelumnya, sesuai yang ada di peraturan Komisi Pemilihan Umum," ujar Harsono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com