Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Jabar, PPP Perintahkan Uu Ruzhanul Ulum Minta Restu Ulama

Kompas.com - 27/11/2017, 21:16 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memerintahkan Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum menemui ulama dan pimpinan pondok pesantren di seluruh Jawa Barat menjelang Pilkada Jawa Barat 2018.

Ketua Bidang Pemenangan Jabar DPP PPP Dayat Hidayat mengatakan PPP meminta Uu bersilaturahim sekaligus meminta doa restu dari para ulama dan pimpinan pondok pesantren di seluruh Jawa Barat agar meraih banyak dukungan dalam kontestasi Pilkada Jabar.

"Karena ulama itu ujung tombak. Bagaimana menjadikan masyarakat Jawa Barat yang Islami, religi. Itu adanya di para ulama," kata Dayat di Bandung, Senin (27/11/2017).

Dayat menambahkan, sosok ulama sangat berperan penting dalam mengisi pembangunan di Jawa Barat. Tidak hanya menyangkut perbaikan moral dan meningkatkan keimanan masyarakat. Menurutnya, ulama sangat diperlukan dalam menentukan arah pemerintahan.

"Ulama berperan penting di dalam memajukan bangsa serta arah sebuah pemerintahan," imbuhnya.

(Baca juga : Uu Ruzhanul dan Daniel Mutaqien, Siapa Paling Tepat Dampingi Ridwan Kamil?)

Dayat berharap, jika nantinya Uu Ruzhanul Ulum terpilih sebagai pendamping bakal calon gubernur Ridwan Kamil dan memenangkan Pilkada Jawa Barat 2018, di bawah kepemimpinan mereka Pemprov Jabar bisa bersinergi dengan para ulama dalam menentukan arah kebijakan.

"Saran ulama sangat penting baik dari sisi moral maupun lainnya. Bisa dikatakan ini bentuk penghargaan," ungkapnya.

Silaturahim ke ulama dan pondok pesantren, lanjut Dayat, bakal mempertegas Uu merupakan kandidat yang identik dengan kalangan religius. Sebagai santri dan berasal dari keluarga pendiri pesantren, posisi ini sangat menguntungkan Uu dalam meraih simpati masyarakat.

Sebab, tidak bisa dinafikan, jika warga Jabar sangat identik dengan Islam, sehingga sangat mengharapkan pemimpin yang mencerminkan karakter tersebut.

“Pak Uu punya hubungan emosional, kekeluargaan, dengan para ulama. Karena Pak Uu lahir dan besar dari kalangan pesantren. Jadi hubungan ini harus dijaga," ujarnya.

(Baca juga : Uu Ruzhanul Ulum Pede Dampingi Ridwan Kamil di Pilkada Jabar)

Dayat mengatakan, jika duet Rindu atau Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum bisa terealisasi pada Pilkada Jawa Barat 2018, pasangan tersebut dianggap saling melengkapi karena memiliki latar belakang yang berbeda.

"Kang Emil bisa merepresentasikan pemilih muda dan perkotaan dengan intelektualnya. Pak Uu merepresentasikan ulama dan santrinya. Karena yang memahami ulama dan pondok pesantren itu Pak Uu. Jadi ini sudah sangat tepat," tandasnya. 

Kompas TV Sejumlah nama mencuat sebagai wakil Ridwan Kamil dalam pemilihan Gubernur Jawa Barat tahun 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com