Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Dampingi Ridwan Kamil, Apa Modal Uu Ruzhanul?

Kompas.com - 05/09/2017, 14:34 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Uu Ruzhanul Ulum menghangatkan konstelasi politik di Jawa Barat setelah mendeklarasikan diri siap mendampingi Ridwan Kamil di Pilkada Jawa Barat 2018.

Lalu, modal apa yang dibawa Uu untuk menjadi pendamping Ridwan Kamil?

"Modal saya partai, itu pokok. Kedua modal saya sedang berusaha (mencari dukungan dan sosialisasi). Kemudian bukan sombong, saya memiliki link atau jaringan di berbagai kota dan kabupaten di Jawa Barat," ungkap Uu seusai bertemu Ridwan Kamil, di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Selasa (5/9/2017).

Uu pun mengklaim bahwa pergerakan jaringannya di akar rumput sudah cukup kuat dan tersebar di seluruh wilayah di Jawa Barat. Namun Uu tak menjelaskan secara rinci daerah mana yang berpotensi besar menjadi lumbung suara.

"Yang paling kuat saya tidak bisa menyebutkan tetapi ada tiap kabupaten dan kota. Pergerakan akar rumput sampai saat ini saya belum berhenti. Sejak saya dideklarasikan (maju di Pilkada Jabar) pada 23 Maret 2016, saya tidak berhenti dan saya juga tidak berlari dan tidak diam," jelas Uu.

Baca juga: Uu Ruzhanul Ulum Klaim Punya Misi dan Visi Sama dengan Ridwan Kamil

Langkah agresif Uu dalam konstelasi Pilkada Jabar kian menyiratkan ada sinyal positif dari PPP untuk memberikan dukungan politik bagi Ridwan Kamil. Meski begitu, Uu enggan membeberkan bagaimana respons PPP terhadap Ridwan Kamil. Sebab, ia mengatakan pertemuan dengan Ridwan Kamil bukan merepresentasikan sikap partai.

"(Sikap partai) silakan menafsirkan, tetapi dari awal Pak Ridwan Kamil sudah berkomunikasi sebelum dengan partai yang lain setelah beliau dideklarasikan oleh NasDem. Beliau berkomunikasi dengan partai kami termasuk dibawa oleh ketua umum kami ke beberapa daerah bersamaan. Jadi mungkin ini meneruskan (komunikasi politik) saja supaya di antara kita tetap terjalin silaturahmi, tetapi diakui ada kesamaan pandangan untuk maju bersama," ucapnya.

Baca juga: Temui Ridwan Kamil, Bupati Tasikmalaya Ajukan Diri Jadi Pendamping

Kompas TV Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyambut baik dukungan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terhadap dirinya di Pilgub Jabar 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com