Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Jatim, Kiai Kampung Minta Khofifah Lepaskan Jabatan Mensos

Kompas.com - 23/10/2017, 19:42 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Khofifah Indar Parawansah mendapatkan pesan khusus dari Forum Kiai Kampung Jawa Timur jelang Pilkada 2018. Ketua Umum Muslimat Nahdatul Ulama itu diminta segera menanggalkan jabatan menteri sosialnya.

"Namanya juga manusia, tidak bisa luput dari khilaf. Kami takut ada anggaran negara yang ikut masuk untuk kegiatan kampanye, karena itu nasihat kami agar Khofifah segera turun dari Kemensos," kata Forum Kiai Kampung Jawa Timur, Fahrur Rozi usai menggelar konsolidasi di Surabaya, Senin (23/10/2017).

Tidak hanya turun dari jabatan menteri sosial, Khofifah juga diminta melepas jabatan Ketua Umum Muslimat NU. "Karena dari dulu NU tidak boleh terlibat dalam politik praktis," ucapnya.

Hingga saat ini, ada 3 partai yang menyatakan akan mengusung Khofifah di Pilkada Jatim tahun depan. Selain Partai Nasdem, juga partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan.

Baca juga: Ancaman Kiai Kampung jika Jokowi Tak Restui Khofifah Maju di Pilkada Jatim

Forum Kiai Kampung Jatim sebelumnya mendesak Presiden Joko Widodo segera memberi izin Khofifah untuk maju di Pilkada Jatim.

Namun akhirnya, kelompok kiai itu justru berbalik arah dengan mendukung pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Abdullah Azwar Anas yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Kompas TV Usai dicalonkan, Khofifah menyatakan terima kasihnya kepada Partai Nasdem karena telah mempercayakan dirinya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com