Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiai Kampung Surati Jokowi Minta Restu untuk Khofifah

Kompas.com - 03/04/2017, 18:41 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Lima kiai kampung, Senin (3/4/2017) berangkat ke Jakarta untuk memberikan surat permohonan kepada Presiden Joko Widodo melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg). 

Dalam suratnya, mereka meminta presiden memberikan izin kepada Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansah, untuk maju di Pilkada Jawa Timur tahun depan.

"Surat sudah kami serahkan melalui Mensesneg untuk segera diteruskan kepada Presiden Jokowi," kata Juru Bicara Forum Komunikasi Kyai Kampung Jatim, Zainul Abidin, saat dikonfirmasi, Senin (3/4/2017).

Zainul berharap, surat tersebut dibalas Presiden Jokowi, sekaligus sebagai restu kepada Khofifah untuk kembali maju di Pilkada Jawa Timur 2018. "Kami sangat berharap, Pak Jokowi segera membalas surat kami dan tentunya memberi restu," terangnya.

(Baca juga: Didukung Maju Pilkada Jatim, Khofifah Gunakan Rumus Ini)

 

Surat permohonan kepada Presiden Jokowi itu sebagai upaya Kyai Kampung mendukung figur calon gubernur di Jawa Timur dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

Seperti diketahui, selain sebagai Menteri Sosial, Khofifah juga menjabat sebagai Ketua Umum Muslimat NU, yang merupakan salah satu organisasi sayap NU.

(Baca juga: Pilgub Jatim, PPP Pertimbangkan Khofifah sampai Tri Rismaharini)

 

Sementara saat ini, yang dipastikan akan maju dalam pilkada Jawa Timur, ada Saifullah Yusuf. Selain sebagai wakil gubernur Jawa Timur, mantan menteri pembangunan daerah tertinggal era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu juga tercatat sebagai salah satu ketua di Pengurus Besar NU.

"Kami mendukung semua calon dari kalangan NU untuk menjadi pemimpin di Jawa Timur, karena Jawa Timur adalah basis terbesar warga NU di Indonesia," pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com