Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Terlambat Bagi Susi Pudjiastuti untuk Maju Pilkada Jabar

Kompas.com - 17/10/2017, 12:51 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Guru Besar Komunikasi Politik Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia Karim Suryadie menilai, belum terlambat bagi Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti untuk terjun pada ajang Pilkada Jawa Barat 2018 mendatang. 

"Bila akan maju (Pilkada Jawa Barat) belum terlambat meski nama-nama lain sudah sejak lama muncul karena sama-sama belum menunjukan kesiapan substantif konseptual," ujar Karim saat dihubungi melalui ponselnya, Selasa (17/10/2017).

Karim menambahkan, salah satu masalah dalam Pilkada Jawa Barat yang bisa dimanfaatkan oleh Susi adalah kelangkaan bakal calon yang bisa membeberkan kepada publik desain pemerintahan yang akan diwujudkan

"Kelangkaan inilah yang menjadi celah bagi Susi untuk full speed power bila hendak maju karena mereka yang nama-namanya sudah beredar pun belum menunjukkan kesiapan substantif konseptualnya," ucapnya. 

Baca juga: Susi Pudjiastuti hingga Deddy Mizwar Diundang PDI-P untuk Sampaikan Visi Misi Pilkada Jabar

Pertanyaannya sekarang, lanjut Karim, apakah Susi serius untuk maju di Pilkada Jawa Barat 2018? "Sampai saat ini saya belum yakin karena beberapa alasan," sebutnya.

Alasan pertama, Karim mengatakan, selama ini Susi terlalu fokus mengurusi tugasnya sebagai Menteri Kelautan Perikanan. 

"Dia menemukan passion-nya di sana. Dia menunjukkan inovasi kebijakan. Namun butuh waktu dan usaha untuk mentransformasi kisah Susi menenggelamkan kapal asing sebagai aset elektoral (modal keterpilihan)," ujarnya. 

Kedua, Susi hanya populer di beberapa daerah di Jawa Barat terutama Pangandaran, Ciamis dan sebagian Pantai Utara. Namun, nama Susi kurang terdengar di daerah pegunungan yang cukup banyak di Jawa Barat.

"Sebagai orang kelautan yang jadi fenomena layar kaca, pengaruhnya terbatas di perkotaan yang memirsa TV dan komunitas nelayan," ujarnya. 

Baca juga: Saat Dedi Mulyadi Puji Susi Pudjiastuti Terkait Pilkada Jabar

Meski demikian, dengan modal yang dimiliki Susi saat ini, Karim yakin tidak akan sulit untuk menyosialisasikan Susi ke publik Jawa Barat.

"Secara personal tidak akan sulit dipasarkan. Namun belum terbaca kendaraan politik yang akan menariknya ke kancah pilkada. Jadi, ini lebih kepada strategi marketing partai ketimbang isyarat serius Susi untuk maju," kata dia.

Kompas TV Menteri Susi ternyata kewalahan mengikuti kirab. Bukan karena jauh, Menteri Susi justru kesulitan untuk berjalan perlahan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com