Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Sebut Produksi Ikan Turun, Susi Sodorkan Data-data

Kompas.com - 31/08/2017, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti membantah pernyataan Wali Kota Bitung Max J Lomban yang menyebutkan telah terjadi penurunan produksi perikanan di Sulawesi Utara.

Sebelumnya, Max mengadu kepada anggota Komisi VI DPR RI yang tengah melaksanakan kunjungan kerja di Kota Bitung, Kamis (10/8/2017), bahwa terjadi penurunan produksi perikanan di Sulawesi Utara.

"Tidak benar itu yang dikatakan wali kota Bitung. Buktinya nilai ekspor produk perikanan di Sulawesi Utara naik kok," kata Susi.

(Baca juga: Asisten Pribadi Menteri Susi yang Jadi Buah Bibir... )

Sebagai bukti, Susi memperlihatkan laporan Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Pengawasan (BKIPM) Hasil Perikanan Manado. Data menunjukkan bahwa nilai ekspor produk perikanan Sulawesi Utara periode Januari hingga Juli 2017 mencapai 66,25 juta dolar AS, meningkat 23,46 pesen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2016.

Susi juga membantah pernyataan Wali Kota Bitung yang mengatakan bahwa kebijakan Susi menyebabkan perikanan berkurang di wilayahnya.

"Sekali lagi saya katakan tidak benar itu. Coba lihat pula data volume ikan tuna di Sulawesi Utara," kata Susi.

Menurut data BKIPM yang ditunjukkan Susi, volume ikan tuna di Sulawesi Utara sampai dengan Juli 2017 mencapai 5.514 ton dan sudah melampaui total volume perolehan tuna tahun 2016 sebesar 3.867 ton.

 

Berita ini telah tayang di Tribunnews.com, Sabtu (26/8/2017), dengan judul: Pulang dari Jepang Menteri Susi Bantah Komentar Wali Kota Bitung terkait Perikanan di Sulut

 

 

Kompas TV Aksi mengemudi motor trail dilakukan Susi saat berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com