Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puji Tata Kelola Purwakarta, Gubernur Setif Aljazair Tawarkan "Sister City"

Kompas.com - 16/10/2017, 15:15 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Provinsi Setif, Republik Demokratik Rakyat Aljazair, Nacer Maskri memuji pola tata kota yang telah tercipta di Kabupaten Purwakarta.

Ia merasa terpukau dan mengajak kabupaten terkecil kedua di Jawa Barat itu menjadi sister city.

Pujian tersebut disampaikan Nacer saat mengunjungi Purwakarta, Minggu (15/10/2017). Nacer diajak Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi untuk berkeliling ke taman-taman kota, galeri wayang dan berbagai diorama yang telah dibangun.

“Saya sangat terkesan dan merasa senang. Tata kelola kotanya berbasis tradisional modern. Saya tertarik mengajak Purwakarta bekerja sama dalam program sister city,” katanya di Museum Diorama Nusantara, Jalan KK Singawinata Purwakarta.

Bukan hanya menyaksikan hasil pembangunan berupa tata kota, Nacer dan rombongan diajak Bupati Dedi menyaksikan sistem smart city di Purwakarta.

Sebagaimana diketahui, Purwakarta memiliki aplikasi “Ogan Lopian” yang berisi menu untuk seluruh jenis pelayanan masyarakat, mulai dari bidang kesehatan hingga peningkatan kesejahteraan berupa ATM beras.

Nacer menilai masyarakat Purwakarta sangat ramah dan penuh rasa toleransi kepada sesama.

“Warga di sini ramah, selalu menyapa, saya merasa nyaman,” tuturnya.

Baca juga: Wali Kota di Korea Kunjungi Malang untuk Jalin "Sister City"

Atas kekaguman ini, Gubernur Setif berencana mengundang Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi ke Aljazair untuk berbagi kiat membangun daerah dan program yang selama ini berhasil diterapkan di Purwakarta.

“Saya akan undang beliau ke tempat saya. Beliau harus berbagi bagaimana menciptakan ruang publik gratis untuk masyarakat luas,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menyambut baik tawaran sister city. Bahkan, ia berharap ada kerja sama ekonomi dan di bidang lain dengan Provinsi Setif.

“Pertama, saya senang, apalagi beliau seorang gubernur dari begara lain. Saya ingin ada kerja sama lebih jauh. Misalkan, saling tukar produk antar-wilayah, dari Setif ke Purwakarta atau sebaliknya,” jelasnya.

Baca juga: Ridwan Kamil Jajaki Bandung dan Gaza Jadi "Sister City"

Turut dalam rombongan Gubernur Setif, Duta Besar Indonesia untuk Aljazair Safira Machrusah. Selama mengelilingi diorama, rombongan mendapatkan penjelasan dari Bupati Dedi Mulyadi.

Kompas TV Keberadaan pohon pisang berbuah seribu ini sempat ramai dibicarakan netizen.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com