Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota di Korea Kunjungi Malang untuk Jalin "Sister City"

Kompas.com - 18/07/2017, 13:05 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Wali Kota Nonsan, Korea Selatan, Hwang Myeong Seon berkunjung ke Balai Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (18/7/2017).

Kunjungannya itu untuk menandatangani MoU kerja sama sister city kedua kota.

Seon tiba di Balai Kota Malang sekitar pukul 9.00 WIB. Didampingi oleh Wali Kota Malang M Anton, ia lalu memasuki ruang sidang Balai Kota Malang dan disambut dengan tarian topeng bapang malangan oleh tiga penari asal Malang.

Baca juga: Semarang-Korea Jalin Kesepakatan soal "Sister City"

Selanjutnya, kedua pemimpin kota beda negara itu menyaksikan tayangan profil kedua kota masing-masing.

"Semoga dengan kedatangan rombongan dari Korea ini bisa mempererat tali persaudaraan dengan Kota Malang. Untuk itu, kami sebagai tuan rumah mengucapkan selamat datang di Kota Malang," kata Anton mengawali sambutannya.

Anton lalu memaparkan keunggulan Kota Malang sebagai kota pendidikan, pariwisata dan kota industri. Ada sejumlah sektor yang akan dikerjasamakan dalam sister city itu. Di antaranya sektor ekonomi, agrikultur, pariwisata, kebudayaan, pendidikan dan olahraga.

Untuk di bidang ekonomi, Anton ingin mengajak penduduk Kota Nonsan untuk berinvestasi di Kota Malang. Sementara untuk kerja sama di sektor pendidikan bisa dilakukan dengan pertukaran pelajar.

"Selain itu, dengan adanya kerja sama ini, jika ada warga Malang di sana (Kota Nonsan) dan mendapat suatu permasalahan, karena sudah dianggap saudara sehingga bisa dikomunikasikan," katanya.

Wali Kota Nonsan, Hwang Myeong Seon mengaku belum ada pembahasan secara detil terkait bentuk kerja sama dua kota itu. Ia mengaku masih mengundang Wali Kota Malang untuk datang ke Kota Nonsan membahas kelanjutan dari penandatanganan MoU tersebut.

"Memang hari ini bikin MoU, detilnya kita undang Wali Kota Malang pada Bulan November atau Desember untuk datang ke Korea diskusi lagi detilnya," katanya.

Baca juga: Bandung Jalin Kerja Sama "Sister City" dengan Portland

Kota Nonsan merupakan salah satu kota besar di Korea Selatan. Kota itu berada di Provinsi Chungcheong Selatan. Kota itu merupakan kota militer. Setiap warga Korea Selatan yang menjalani wajib militer harus ke kota itu.

Kompas TV Pasangan Calon Gubernur DKI nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat mendatangi Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Pasangan Ahok-Djarot bertemu di kediaman Megawati di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Pertemuan Ahok-Djarot dengan Megawati terjadi saat menerima rombongan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma. Dalam pertemuan ini, dibahas rencana kota kembar atau sister city antara Cape Town dan Jakarta. Ahok juga menawarkan budidaya ikan kerapu yang dikembangkan di Kepulauan Seribu. Setelah pertemuan, Ahok-Djarot pergi bersama Megawati dan Sekjen PDI Perjuangan. Namun, Djarot menegaskan pertemuan ini tidak berhubungan dengan politik Pilkada Jakarta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com