Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkutan Gratis dan "Brother School" untuk Anak Pengungsi Gunung Agung

Kompas.com - 25/09/2017, 09:44 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

KLUNGKUNG, KOMPAS.com - Gelombang pengungsi terus mendatangi sejumlah titik aman, baik yang disiapkan pemerintah maupun yang secara mandiri disiapkan warga di balai banjar dan rumah pribadi, setelah status Gunung Agung di Kabupaten Karangasem naik menjadi awas.

Salah satu kabupaten yang kedatangan ribuan pengungsi adalah Klungkung. Hingga Senin (25/9/2017), ada 15.758 jiwa yang mengungsi ke Klungkung. Sekitar 2.919 di antaranya masih berstatus pelajar.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, Kabupaten Klungkung menyediakan angkutan gratis bagi pelajar di pos-pos pengungsian. Dalam kondisi darurat, angkutan bisa digunakan untuk melayani pengungsi.

"Ke depan kita punya program angkutan gratis, karena ada situasi begini akan kita percepat untuk melayani pengungsi," kata Suwirta, Senin (25/9/2017).

(Baca juga: Viral, Foto Polisi Ikut Ngamen di Lampu Merah untuk Pengungsi Gunung Agung)

Selain itu, sambil menunggu realisasi program untuk melayani kebutuhan pelajar di pengungsian, sekolah tingkat SLTA di Klungkung telah membuat program brother school. Dalam program ini, pelajar yang memiliki sepeda motor bertugas menjemput pengungsi ke sekolah.

"Jadi satu siswa di Klungkung menjemput satu siswa di pengungsian, memang belum maksimal karena ini baru hari pertama sekolah," ujar Suwirta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com