Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG Ingatkan Adanya Siklon Tropis Talim

Kompas.com - 11/09/2017, 09:14 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com  -  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan adanya siklon tropis Talim.

Berdasar analisa BMKG, posisi siklon tropis Talim tadi malam berada di Samudera Pasifik sebelah utara Papua, sekitar 16,7 lintang utara, 138,2 bujur timur, dan terus bergerak ke utara.

“Posisinya sekitar 2.000 km sebelah utara pulau Biak,” kata Fatuhri Syabani, Kepala seksi Data dan Informasi BMKG Gorontalo merilis prakiraan BMKG Pusat, Senin (11/9/2017).

Siklon tropis Talim ini mengarah ke barat laut dengan kecepatan 12 knots atau 23 km per jam, dengan tekanan udara terendah sebesar 992 mb dan kekuatannya mencapai 85 km per jam.

(Baca juga: Masuk Puncak Musim Kemarau, BMKG Imbau Warga Waspadai Angin Kencang)

Pada hari ini, badai siklon diperkirakan terus bergerak ke arah utara. Pada pukul 20.00 Wita sudah berada di 2.290 km utara pulau Biak.

Meski terus ke arah utara, namun kecepatan siklon tropis Talim ini meningkat menjadi 15 knots atau 30 km perjam dengan tekanan udara terendah mencapai 990 mb dan memiliki kekuatan 100 km per jam.

“Dampak siklon tropis Talim terhadap cuaca di wilayah Indonesia adalah adanya hujan dengan intensitas ringan higga sedang yang berpeluang terjadi di wilayah Maluku Utara dan Papua Barat,” ujar Fatuhri Syabani.

Kompas TV Kabut Asap Selimuti Kota Lhokseumawe
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com