Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Jadi Calon Gubernur NTT, Bupati TTU Gelar Ritual Adat

Kompas.com - 29/07/2017, 12:03 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Bupati Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), Raymundus Sau Fernandez bersama ribuan pendukungnya dan kerabatnya menggelar ritual adat di kediamannya di Kelurahan Liliba, Kota Kupang, sebelum mendaftar sebagai bakal calon Gubernur NTT di DPD Partai Hanura  NTT.

Pantauan Kompas.com, Sabtu (29/7/2017), ribuan tim sukses dan keluarga, menggelar ritual adat dengan pemotongan seekor ayam jantan yang didahului dengan tutur adat oleh sejumlah tokoh adat dari Kabupaten TTU, TTS dan Kabupaten Kupang.

Kepada sejumlah wartawan usai ritual adat, Raymundus Fernandez mengatakan, ritual adat ini dilakukan untuk meminta restu kepada leluhur dan Tuhan sebagai pencipta alam semesta.

"Ritual ini sebagai penghargaan kepada leluhur dan alam semesta, sekaligus memuji keagungan Tuhan yang kita nyatakan dalam kegiatan ritual adat ini,"sebut Bupati TTU dua periode itu. 

Baca juga: Pilkada NTT, Golkar Survei 8 Kader Terbaiknya

Menurut Raymundus, ritual ini adalah bagian dari tradisi dan budaya orang Timor yang sering digelar dan akan terus dijaga oleh masyarakat Timor. "Ini juga adalah wujud hati setiap orang yang berniat terhadap sesuatu. Artinya kita tidak berjuang sendiri tapi turut melibatkan leluhur dan alam semesta sebagai yang menyempurnakan segala-galanya,"katanya. 

"Intinya kita meminta restu dari leluhur dan alam semesta dan pencipta. Niat kita hari ini mendaftarkan diri. Harapkan agar partai berproses sebagaimana mekanisme partainya dan merekomendasikan kita sebagai calon gubernur NTT 2018 mendatang," tambah dia.

Kompas TV Tebing di Kupang Ini Cocok Untuk Nikmati Sore Kamu
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com