Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelola Wisata Dieng Sudah Diingatkan Jangan Dekati Kawah Sileri

Kompas.com - 03/07/2017, 09:00 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Gunung Dieng, Surip, mengungkapkan, jauh sebelum insiden letupan di Kawah Sileri terjadi, pihaknya sudah memberikan rekomendasi kepada pengelola wisata untuk memerhatikan radius aman sejauh 100 meter dari bibir kawah.

Rekomendasi ini diberikan menyusul peristiwa semburan lumpur setinggi 20 meter yang terjadi pada tanggal 20 April lalu.

Selain itu, pada 24 Mei, detektor yang dipasang petugas pos pantau juga telah menangkap pelepasan gas cukup tinggi di kawah Sileri yang masuk Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Banjarnegara itu.

"Kamis sejak jauh-jauh hari sudah memberikan rekomendais jarak aman sejauh 100 meter kepada pengelola. Sebab selain gejala semburan lumpur dan pelepasan gas, suhu kawah Sileri juga naik cukup signifikan," kata Surip setelah melakukan pantauan lapangan, Selasa (3/7/2017) dini hari.

(Baca juga: Semburan Lumpur di Kawah Sileri, Warga Diminta Tak Mendekat dalam Radius 100 Meter)

Surip bersyukur tidak ada korban jiwa atau luka fatal dalam insiden tersebut. Pasalnya dia memperkirakan, suhu di tengah kawah mencapai sampai angka 73 derajat celcius.

"Karena sudah terlepas ke udara, jadi suhunya berkurang, sehingga ketika menyapu para korban tidak ada luka bakar yang fatal," ujarnya.

(Baca juga: Ini Daftar Korban Letusan Kawah Sileri Dieng dan Kondisinya)

 

 

Kompas TV Kawasan Kawah Sileri dikabarkan meletus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com