Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekaguman Chris John pada Festival Pencak Silat Dunia di Purwakarta

Kompas.com - 22/04/2017, 01:01 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Mantan juara dunia tinju asal Indonesia Chris John mengaku baru pertama kalinya mengikuti acara Festival Pencak Silat Dunia yang begitu megah dan dikemas dengan khas etnik Indonesia. 

Malam ini, Chris John menjadi bintang tamu acara tersebut. Ia menampilkan gerakan wushu di hadapan delegasi sembilan negara diiringi dengan nuansa khas etnik Indonesia. Keindahan ini membuatnya berharap, festival tersebut digelar setiap tahun di Purwakarta.

"Sangat luar biasa, saya baru pertama kali mengikuti acara seperti ini. Terasa banget etnik Indonesia khususnya Jawa Barat. Panggung di atas danau, air mancur, musik etnik, dan kerlap kerlip lampu sangat megah. Saya harap tiap tahun acara ini dilakukan," jelas Chris Jumat (21/4/2017) malam.

Chris john pun mengaku, dirinya selama ini sangat mengagumi sosok Dedi Mulyadi sebagai tokoh multi talenta. Selain dinilai ahli di bidang budaya, sosial, politik dan ekonomi, Dedi pun dikenal sangat dekat dengan rakyatnya.

Salah satunya dengan sering menggelar acara untuk menghibur rakyat tanpa melupakan unsur pendidikan. "Saya sebetulnya kagum sama beliau. Semua gagasannya sudah dibuktikan dengan kenyataan," ungkap dia.

Sementara itu, Dedi Mulyadi yang menghadiri festival bersama istrinya sampai selesai, berharap masyarakatnya selalu menjaga kebudayaan leluhur sebagai jati dirinya. 

"Ini salah satu dari upaya bagaimana kita sebagai orang Sunda mengenal dan mengetahui jati dirinya sendiri. Mari kita dukung kelestariannya," singkatnya.

Setelah satu per satu pertunjukkan pencak silat dan bela diri dari berbagai delegasi negara ditampilkan. Hiburan penyanyi Zaskia Gotik pun turut memeriahkan akhir acara, dihiasi air mancur dan gemerlapnya warna warni lampu hias Taman Sri Baduga Purwakarta. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com