Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setahun Menghilang dan Dianggap Meninggal, Apa Saja yang Dilakukan Waluyo?

Kompas.com - 04/08/2016, 14:24 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

Kompas TV Sudah Setahun Dimakamkan, Kakek Ini Pulang ke Rumah

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Kecamatan Kraton, Widodo Mujiyatno menuturkan, dalam sebuah pertemuan, Waluyo menceritakan alasan kepergianya ke Semarang dan aktivitas yang dilakukan di kota tersebut.

"Tadi di pertemuan, pertama justru kita mendengarkan Pak Waluyo bercerita, setelah itu keluarga. Karena dia (Waluyo) kan aktor utamanya istilahnya," ujar Widodo saat ditemui Kompas.com di ruang kerjanya, Kamis (4/8/2016).

Baca juga: Sudah Dimakamkan, Waluyo Tiba-tiba Kembali ke Rumah

Widodo menjelaskan, di hadapan kepolisian, keluarga, RT/RW, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Waluyo mengaku pergi ke Semarang karena alasan ekonomi. Ia ingin mencari pekerjaan di kota Semarang. Selama di Semarang, ia tinggal di daerah banjir kanal.

"Pekerjaannya kalau pagi bersih-bersih. Malam harinya dia jaga parkir," jelasnya.

Selama berada di Semarang, Waluyo sempat dicari keluarga karena anak perempuannya akan menikah. Namun saat dicari di pangkalan becak tempat biasa dia mangkal, Waluyo tidak ditemukan.

Baca juga: Ini Komentar Polisi soal Kembalinya Waluyo setelah Dimakamkan Setahun Lalu

Karena mencari kemana-mana tidak membuahkan hasil, anaknya lantas berinisiatif mencari Waluyo melalui Facebook dan ada informasi tentang korban kecelakaan itu. Korban dikira adalah Waluyo hingga akhirnya pria itu dianggap dan dimakamkan setahun lalu.

Namun belum lama ini, Waluyo tiba-tiba pulang ke rumah. Dia awalnya ditemukan oleh seorang pemilik hotel di Dagen. Karena dikenal oleh pemilik hotel tersebut, Waluyo kemudian diantarkan pulang ke rumah.

"Ya, terus pulang itu dan keluarga kaget," tandasnya.

Widodo mengatakan, pihaknya sudah menentukan langkah-langkah guna membantu warganya mengurus surat-surat.

"Sudah, kita akan bantu dan terus berkoordinasi," pungkasnya.

Baca juga: Waluyo Kembali setelah Dimakamkan, Sekretaris Camat Undang TNI, Polisi dan Pejabat Disdukcapil

 

Seperti diberitakan sebelumnya, Waluyo, warga Suryoputran, PB 3 /43, Panembahan, Kraton, Yogyakarta,tiba-tiba pulang ke rumah setelah dinyatakan meninggal dan sudah dimakamkan setahun lalu. Kejadian ini mengagetkan keluarga dan warga Suryoputran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com