Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waluyo Kembali Setelah "Dimakamkan", Sekretaris Camat Undang TNI, Polisi, dan Pejabat Disdukcapil

Kompas.com - 04/08/2016, 13:44 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Peristiwa kembalinya Waluyo setelah dimakamkan setahun lalu merupakan peristiwa yang pertama kali terjadi di Kecamatan Kraton, dan bahkan Kota Yogyakarta.

Pemerintah Kecamatan Kraton pun mengundang keluarga, RT/RW, Polsek, Koramil dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk berkoordinasi guna mengambil langkah-langkah terkait pulangnya Waluyo.

"Saya awalnya tahu dari Facebook, lalu Pak (Ketua) RT telepon mengatakan kalau bingung, soalnya Waluyo pulang ke rumah," ujar Sekretaris Kecamatan Kraton, Widodo Mujiyatno saat ditemui Kompas.com di ruang kerjanya, Kamis (4/8/2016).

Widodo menilai kebingungan itu sangat wajar sebab Waluyo tiba-tiba pulang ke rumah. Padahal dia sudah dianggap meninggal dan sudah dimakamkan setahun lalu. Bahkan, keluarganya sudah mengurus surat kematian.

"Ya, wajar kalau bingung, kaget. Keluarga saja kaget tiba-tiba Waluyo pulang apalagi warga dan RT/RW," tandasnya.

Baca juga: Sudah Dimakamkan, Waluyo Tiba-tiba Kembali ke Rumah

Menurutnya, peristiwa yang menimpa Waluyo merupakan kejadian yang unik. Bahkan, kejadian ini yang pertama kali terjadi di Kecamatan Kraton.

"Ini unik, tapi benar faktanya seperti itu. Peristiwa ini baru pertama kalinya di Kecamatan Kraton, bahkan Pak Bram (Kepala Seksi Penerbitan Kartu Keluarga dan KTP Disdukcapil) ini yang pertama di kota Yogya," katanya.

Terkait kejadian ini, Widodo menjelaskan, Pemerintah Kecamatan Kraton mengumpulkan semua pihak, mulai dari Waluyo, keluarga, kerabat, RT/RW, Polsek Keraton, Koramil dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta. Pertemuan ini guna membahas masalah administrasi kependudukan Waluyo, karena surat kematiannya sudah diterbitkan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Waluyo, warga Suryoputran, PB 3 /43, Panembahan, Kraton, Yogyakarta,tiba-tiba pulang ke rumah setelah dinyatakan meninggal dan sudah dimakamkan setahun lalu. Kejadian ini mengagetkan keluarga dan warga Suryoputran.

Baca juga: Ini Komentar Polisi soal Kembalinya Waluyo setelah Dimakamkan Setahun Lalu

Kompas TV Sudah Setahun Dimakamkan, Kakek Ini Pulang ke Rumah
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com