Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Lahan Gambut Terjadi di Dekat SPBE

Kompas.com - 06/10/2015, 21:39 WIB
Kontributor Ogan Komering Ilir, Amriza Nursatria

Penulis

INDRALAYA, KOMPAS.com - Lahan gambut yang terletak di depan sebuah stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBE) di jalan lintas timur Palembang-Ogan Ilir Sumatera Selatan kilometer 16,5 terbakar, Selasa (6/10/2015) petang.

Api yang dengan cepat membesar memaksa pekerja SPBE sibuk mencegah api merambat ke tempat tersebut. Api yang membakar semak serta lahan gambut cukup mengkhawatikan. Sebab, selain stasiun SPBE, di lokasi tersebut terdapat juga stasiun metering PT Pertamina Gas.

Petugas BPBD Sumsel yang dihubungi segera datang dengan dua mobil tangki air. Mereka dibantu personel TNI dan Polri langsung terjun memadamkan api agar tak merambat ke SPBE yang rawan meledak itu.

Titik api yang menyebar membuat proses pemadaman berlangung tidak mudah. Bahkan personel TNI yang bertugas memadamkan kebakaran terpaksa meminta bantuan petugas keamanan stasiun metering PT Pertamina yang tidak membantu. ”Ayo bantu, jangan melihat saja!” teriak seorang anggota TNI.

Akhirnya setelah diteriaki, sejumlah petugas keamnan itu terjun membantu proses pemadaman api. Namun, karena luasnya lahan yang terbakar mencapai puluhan hektar membuat kebakaran sulit dipadamkan. Hingga berita ini diturunkan api belum berhasil dipadamkan sepenuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com