Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

150 Hektar Lahan Gambut di Kubu Raya Ludes Terbakar

Kompas.com - 26/09/2015, 13:35 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Barat masih terus terjadi. Selain menghanguskan areal perkebunan milik perusahaan, kebakaran juga menghanguskan lahan masyarakat.

Salah satu lokasi kebakaran lahan masyarakat yang cukup parah terjadi di Desa Telok Ampening, Kecamatan Terentang, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar. Sedikitnya 150 hektar lahan perkebunan karet milik masyarakat ludes dalam peristiwa kebakaran yang terjadi lebih dari sepekan tersebut.

Ketua Regu Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Singkawang, Adrianus Apen mengungkapkan, selama lebih dari sepekan dia bersama rekan berada di lokasi tersebut berusaha memadamkan kobaran api.

Dibantu anggota Polres Mempawah bersama masyarakat, berjibaku berusaha mencegah api merembet ke permukiman warga.

"Lebih dari seminggu kami disini. Awalnya kami tiga hari di-BKO-kan untuk pemadaman di sini, sempat ditarik kembali ke markas Daops Pontianak karena waktu itu api sudah bisa dikendalikan. Tetapi, belum sempat kembali ke Singkawang sudah dikirim lagi ke lokasi ini" kata Apen, Jumat (25/9/2015).

Apen menambahkan, awalnya kobaran api sudah berhasil dikendalikan. Upaya pemadaman untuk mencegah api yang semakin meluas dengan cara memotong dan membersihkan bagian yang belum terbakar.

"Awalnya api masih bisa dikendalikan, tetapi angin tiba-tiba datang diluar perkirakan, sehingga kebakaran semakin meluas," ucap Apen.

Sejauh ini, kata Apen, kendala yang dihadapi terkait dengan biaya operasional. Namun, menurut dia kendala tersebut bisa diakomodir oleh pemerintah desa setempat.

"Untuk kendala secara teknis tidak ada hambatan karena kita sudah terbiasa melakukan pemadaman di lahan gambut. Kendala awal ya kesulitan air untuk menyiram, tetapi sudah bisa diatasi. Selain itu, kendala lainnya biaya atau anggaran operasional selama di sini," ujarnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, terlihat sejumlah kawasan perkebunan karet masyarakat ludes terbakar.

Kawasan tersebut merupakan lahan gambut yang jaraknya sekitar 500 sampai 1 kilometer. Lahan yang terbakar pun hanya berjarak sekitar 100 meter dari permukiman warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com