Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-Kenaikan Harga BBM, Tarif Kapal Cepat Ikut Naik

Kompas.com - 20/11/2014, 11:48 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis


KOLAKA, KOMPAS.com - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) beberapa waktu lalu berdampak juga pada harga tiket kapal cepat di Kolaka, Sulawesi Tenggara. Kepala Syahbandar Kolaka, Abdullah menjelaskan bahwa kenaikan tarif kapal cepat tersebut memang didasari naiknya harga bahan bakar minyak.

“Memang betul pak. Jadi kalau kapal fiber ekspress ini kan masuk dalam kategori eksekutif atau ekslusif. Jadi beda dengan kapal penyeberangan yang lain. Nah kenaikan tarif itu mulai dari kelas anak-anak dari harga lama Rp 100.000 menjadi Rp 115.000, untuk VIP dari harga Rp 230.000 ke harga Rp 260.000. Selain itu, untuk tiket eksekutif dari harga Rp 200.000 naik menjadi Rp 230.000,” katanya ketika dihubungi, Kamis (20/11/2014).

Abdullah juga menambahkan bahwa kenaikan tarif itu sepenuhnya diserahkan kembali kepada pengguna pasar. Pasalnya, merekalah yang akan menggunakan jasa penyeberangan kapal cepat itu.

“Terkait kenaikan harga itu kembali kepada pengguna pasar. Apakah mereka mau gunakan jasa penyeberangan kapal cepat atau tidak. Nah tarif baru itu berlaku sejak beberapa hari yang lalu dan untuk rute pelabuhan Samudera Kolaka ke pelabuhan Siwa Sulawesi Selatan,” tambahnya.

Dia menambahkan, untuk sementara baru satu rute yang memasukkan dafter perubahan tarifnya.

“Sementara untuk kapal cepat rute Kolaka Utara ke Siwa itu belum memasukkan daftar tarif yang baru. Jadi saat ini hanya rute Kolaka ke Siwa,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk kapal lintas teluk Bone yang menghubungkan Kolaka, Sulawesi Tenggara dan Bajoe, Sulawesi Selatan tidak mengalami kenaikan.

“Untuk lintas teluk Bone sampai saat ini belum ada kenaikan. Hanya kapal cepat saja yang ada perubahan,” tambahnya.

Pengguna jasa penyeberangan kapal cepat di Kolaka cukup banyak. Data dari petugas tiket kapal cepat menyebutkan setiap harinya lebih 100 orang yang menggunakan jasa penyeberangan kapal cepat.

“Untuk rute Kolaka ke Siwa itu tiap hari dan jumlah penumpangnya lebih dari 100 orang tiap keberangkatan,” kata Ballong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com