Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNPB: 366 Titik Panas Terpantau di Riau!

Kompas.com - 25/06/2014, 09:11 WIB
PEKANBARU, KOMPAS.com — Satelit Tera dan Aqua mendeteksi 366 titik panas alias hotspot di Provinsi Riau. Data indikasi kebakaran lahan dan hutan di wilayah tersebut melonjak empat kali lipat dalam tenggat tak sampai 24 jam.

"Berdasarkan laporan dari BMKG pada pukul 07.00 WIB, total titik panas di Riau mencapai 366 titik," kata Kepala Divisi Informasi dan Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo, Rabu (25/6/2014).

Menurut Agus, sebagian besar titik api terpantau berada di Riau. Jumlah ini, lanjut dia, melonjak tinggi dibandingkan pantauan pada Selasa (24/6/2014) petang yang mendapati 85 titik api. Dia mengatakan pula, dampak kebakaran lahan dan hutan mulai terlihat di daerah pesisir Riau.

"Asap telah menurunkan jarak pandang (visibility). Di Kota Dumai, jarak pandang pada pukul 07.00 WIB turun menjadi 2 kilometer akibat asap," ungkap Agus. Meski demikian, dia mengatakan jarak pandang tersebut masih relatif aman bagi layanan penerbangan di Bandara Pinang Kampai di Dumai, Riau.

Adapun jarak pandang di Pekanbaru, sebut Agus, masih relatif bagus, yakni di kisaran 7 kilometer. "Di Pekanbaru relatif bersih karena angin tidak mengarah ke sana. Yang dikhawatirkan sekarang adalah asap terbawa angin sampai ke negara tetangga," ujar dia.

Terdeteksi di 9 kabupaten kota

Agus menjabarkan, titik panas yang menjadi indikasi kebakaran lahan dan hutan ini terdeteksi di 9 kabupaten kota. Titik panas terbanyak, sebut dia, terpantau di Kabupaten Rokan Hilir, dengan 221 titik api.

Adapun sebaran titik api lainnya, lanjut Agus, berada di Kabupaten Bengkalis (57), Kepulauan Meranti (2), Kota Dumai (59), Kabupaten Pelalawan (19), Siak (1), Indragiri Hulu (1), Indragiri Hilir (3), dan Kuantan Singingi (3). Agus mengatakan, tingkat kepercayaan atau akurasi data di atas 70 persen, diterakan untuk 215 titik api.

"Cuaca Riau diperkirakan cerah hingga berawan, masih ada hujan ringan berpotensi terjadi di Wilayah Riau bagian Timur, Tengah, Barat, dan Selatan," imbuh Agus. Saat ini, Pemerintah Provinsi Riau sudah membuka kembali Pos Komando Satgas Siaga Asap di Lanut Roesmin Nurjadin, sejak Selasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com