Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor ITN Siap Pecat Panitia Ospek Jika Terbukti Bersalah

Kompas.com - 11/12/2013, 18:18 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


MALANG, KOMPAS.com - Rektor Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Suparno Djiwo menyatakan siap memecat panitia jika terbukti melakukan tindak kekerasan pada peserta Kemah Bakti Desa yang digelar di Goa China, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur, 12 Oktober 2013 lalu.

"Kita siap memecat mahasiswa (panitia keamanan Ospek) jika terbukti melakukan tindak kekerasan yang menyebabkan almarhum Fikri meninggal dunia saat Ospek," katanya saat jumpa pers di ITN, Rabu (11/12/2013).

Menurut Soeparno, saat ini pihaknya masih tetap berpegang pada hasil visum yang diperoleh dari Polres Malang yang menyebutkan tidak ada tanda-tanda kekerasan fisik pada diri Fikri.

"Dan sesuai dengan hasil investigasi dari pihak jurusan, ada indikasi kekerasan, tetapi bukan pemukulan. Seperti pemberian jatah minum yang terbatas, ini juga saya tidak tahu termasuk kekerasan atau bukan," tegasnya.

Terkait adanya informasi adanya pelecehan seksual pada peserta Ospek, seperti pada foto-foto yang tersebar di media sosial, Soeparno tidak mengakuinya. "Foto yang beredar di sosial media itu bukan Ospek ITN. Karena foto yang diberikan panitia kepada saya, tidak ada foto seperti itu," akunya.

Diberitakan sebelumnya, Fikri Dolasmantya Surya adalah mahasiswa baru (maba) Jurusan Planologi Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, yang meninggal saat mengikuti Orentasi Kemah Bakti Desa (KBD) dan Temu Akrab di Kawasan Pantai Goa China di Desa Sitiarjo Sumbermanjing Wetan (Sumawe), Kabupaten Malang, 13 Oktober 2013 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com