Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Pranowo, Gubernur "Gatotkaca"

Kompas.com - 29/08/2013, 00:34 WIB


KOMPAS.com
 — Meskipun dikenal sebagai penggemar berat aliran musik rock, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (45) tidak melupakan budaya dan jati diri bangsa. Dalam pembukaan pergelaran Festival Serayu Banjarnegara 2013, akhir pekan lalu, mantan anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tersebut terlihat mengenakan kostum lengkap tokoh pewayangan Gatotkaca.

"Baru pertama didandani seperti ini. Kalau anak saya melihat, kelihatannya bakal senang sekali. Bisa mabur kayak Superman (ayahnya bisa terbang seperti Superman)," ujar ayah dari Muhammad Zinedine Alam Ganjar (11) itu dalam logat banyumasan di hadapan para pejabat Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, sejumlah anggota DPR, serta belasan duta besar dan tamu mancanegara.

Ganjar mengatakan, ketika sampai di Banjarnegara, dirinya langsung didaulat untuk mengenakan kostum Gatotkaca berwarna merah lengkap dengan kumis tebalnya. Beberapa kali, saat berpidato, Ganjar melontarkan guyonan sambil memilin kumis imitasi yang melintang di wajahnya.

Kostum tersebut selaras dengan kostum yang dikenakan Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo dan Wakil Bupati Hadi Supeno. Tak pelak, pemandangan itu membuat ribuan penonton makin antusias karena penasaran melihat tampang gubernurnya yang baru dengan kostum wayang. (GRE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com