Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cagub Maluku Utara "Nyoblos" di Daerah Asal

Kompas.com - 01/07/2013, 10:01 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis


TERNATE, KOMPAS.com — Para kandidat gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara pulang ke daerah masing-masing untuk menggunakan hak pilih dalam Pemilihan Gubernur Maluku Utara, Senin (1/7/2013).

Pasangan nomor urut 1, Namto Hui Roba dan Arifin Ismail, menggunakan hak pilih di daerah asalnya. Namto yang masih tercatat sebagai Bupati Halmahera Barat ini menggunakan haknya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 3 di Desa Tedeng, Kecamatan Jailolo, Halmahera Barat. Sementara Wakilnya, Arifin Ismail, memilih di Kecamatan Malifut, Kabupaten Halmahera Utara.

Pasangan nomor urut 2, Muhadjir Albaar dan Sahrin Hamid, pun demikian. Muhadjir dilaporkan menggunakan haknya di TPS 1 Kelurahan Bastiong Karance, Kecamatan Kota Ternate Selatan.

Sementara itu pasangan nomor 3, Bupati Kepulauan Sula Ahmad Hidayat Mus yang berpasangan dengan mantan Bupati Halmahera Tengah Hasan Doa, juga kembali ke daerahnya. Ahmad Hidayat Mus dilaporkan menggunakan haknya di TPS 1 Desa Bobong Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Taliabu. Adapun Hasan Doa tercatat sebagai pemilih di TPS 14 Kelurahan Gamtufkange, Kota Tidore Kepulauan.

Sementara pasangan nomor urut 4 Syamsir Andili dan Beny Laos tetap memilih di Ternate karena keduanya berdomisili di Ternate. Syamsir yang tak lain mantan Wali Kota Ternate ini mencoblos di TPS 3 Kelurahan Maliaro Kota Ternate Tengah dan Beny Laos mencoblos di TPS 2 di Muhajirin, Kota Ternate Tengah.

Pasangan Nomor urut 5 Abdul Ghani Kasuba dan Natsir Thaib juga berdomisili di Ternate. Abdul Ghani Kasuba yang masih tercatat sebagai Wakil Gubernur Maluku Utara ini memilih di TPS 5 Kelurahan Sangadji, sedangkan wakilnya Natsir Thaib tercatat sebagai pemilih di kelurahan Tobona, Kota Ternate Selatan.

Sementara itu, pasangan nomor 6, yang merupakan calon independen, Hein Namotemo dan Malik Ibrahim, pun memilih kembali ke masing-masing daerahnya. Hein dilaporkan memilih di TPS 43 Desa Gamsungi, Kabupaten Halmahera Utara. Sementara Wakilnya, Malik Ibrahim, hanya beranjak dekat dari kediaman pribadinya di Kelurahan Kalumata, Kota Ternate Selatan, untuk menggunakan haknya di TPS 17.

Hingga saat ini, pelaksanaan pemungutan suara masih berjalan. Dipastikan pada pukul 13.00 WIT nanti pemungutan suara di tiap TPS berakhir dan selanjutnya dilakukan penghitungan suara di tiap TPS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com