Salin Artikel

Mobil Land Cruiser Malaysia Diselundupkan ke Kalbar Lewat Jalur Tikus

PONTIANAK, KOMPAS.com - Sebuah mobil Toyota Land Cruiser diselundupkan melalui jalur tikus perbatasan di Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat (Kalbar).

Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Beni Novri mengatakan, mobil tersebut dibawa oleh seorang sopir untuk diantar ke pemesan di Kota Singkawang, Kalbar, Minggu (15/10/2023) pukul 23.50 WIB.

“Mobil mewah Land Cruiser diselundupkan dari jalur tidak resmi atau jalur tikus, pelaku diringkus ketika melintas di Jalan Raya Singkawang-Bengkayang,” kata Beni kepada wartawan, Selasa (28/11/2023).

Beni menerangkan, pengungkapan bermula dari Tim Bea Cukai menerima informasi adanya penyelundupan sebuah mobil Land Cruiser warna biru metalik yang melintas dari Jagoi Babang menuju Singkawang.

Kemudian, pada Minggu (15/10/2023) sore, tim berangkat dari Pontianak melaksanakan pemantauan, dan tiba di Kabupaten Bengkayang pukul 21.20 WIB.

“Pada pukul 21.48 WIB mobil sesuai melintas dengan kecepatan tinggi dan dilakukan pengejaran,” ucap Beni.

Menurut Beni, tin mengamankan sopir dan mobil tersebut untuk dibawa ke Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Barat dan dilakukan penelitian lebih lanjut.

“Modusnya pelaku memasukkan barang impor tanpa dokumen pabean melalui jalur tidak resmi di perbatasan Jagoi Babang,” ucap Beni.

Hasil pemeriksaan sementara, lanjut Beni, diketahui bahwa sopir dihubungi oleh seseorang yang tidak dia kenal untuk membawa mobil dari Jagoi Babang menuju Singkawang.

Namun karena dijanjikan akan diberi upah pembayaran, sopir mau melakukannya.

“Kami masih akan mendalami siapa pemilik dari mobil tersebut, dan apakah ada jaringan yang terlibat dalam kasus ini,” ungkap Beni.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/29/113443978/mobil-land-cruiser-malaysia-diselundupkan-ke-kalbar-lewat-jalur-tikus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke