Salin Artikel

Rutan Rengat Riau Ciptakan Aplikasi 'Si Pion', Pelayanan Integrasi Pemasyarakatan secara Digital

PEKANBARU, KOMPAS.com -  Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Rengat di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, menghadirkan layanan terintegrasi dengan memanfaatkan WhatsApp Blast (WA Blast).

Dalam WA Blast Rutan Rengat, masyarakat dapat memperoleh berbagai macam layanan seperti pengaduan, pendaftaran kunjungan online, penitipan, survey, konsultasi dan juga layanan integrasi Pembebasan Bersyarat (PB) dan Cuti Bersyarat (CB) melalui aplikasi Si Pion (Sistem Informasi Pelayanan Integrasi Online).

Aplikasi Si Pion tersebut dibuat untuk mempermudah pelayanan integrasi pemasyarakatan secara digital.

Kepala Rutan (Karutan) Kelas IIB Rengat Abdul Aziz mengatakan, Si Pion merupakan aplikasi berbasis web yang diperuntukan bagi masyarakat, khususnya keluarga narapidana yang ada di Rutan Rengat untuk membuat formulir Integrasi Pembebasan Bersyarat (PB) dan Cuti Bersyarat (CB).

"Layanan integrasi online ini memberikan kemudahan dalam membuat formulir integrasi seperti PB dan CB. Terlebih dalam masa pandemi Covid-19 ini kita dianjurkan untuk menghindari kontak secara langsung," kata Abdul dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Jumat (24/6/2022).

Ditambahkan Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Rengat, Nepri Mutasni, masyarakat dapat mengakses layanan integrasi online ini melalui website www.sipir-rengat.id.

Kemuadian, melakukan pendaftaran dengan menggunakan nomor kartu tanda penduduk (KTP). Selanjutnya, memasukkan nama narapidana yang akan dibuatkan formulir integrasi PB atau CB.

"Prosesnya bisa dikatakan cepat, tidak perlu lagi masyarakat bolak balik datang ke Rutan untuk membuat formulir. Yang penting data dan nama narapidana sesuai. Dan, dalam prosesnya masyarakat akan dibantu operator yang siap melayani apabila ada kendala," ujar Nepri.

Ia mengatakan, aplikasi ini nantinya diharapkan menjadi layanan unggulan Rutan Rengat dalam mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokasi Bersih Melayani.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/24/084758078/rutan-rengat-riau-ciptakan-aplikasi-si-pion-pelayanan-integrasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke