Salin Artikel

Kebakaran Lahan di Rokan Hulu Riau, Diduga Sengaja Dibakar Pemiliknya

PEKANBARU, KOMPAS.com - Tim Satuan Tugas Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) Kabupaten Rokan Hulu, Riau, melakukan pemadaman satu titik api di Desa Bonai, Kecamatan Bonai Darussalam.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10/Kunto Darussalam, Kodim 0313/KPR, Peltu M Sitepu mengatakan, kebakaran lahan itu terjadi pada Senin (4/4/2022).

"Luas lahan yang terbakar lebih kurang satu hektar. Kami menduga lahan ini sengaja dibakar setelah dibersihkan. Pemilik lahan bernama Suhendi (48)," kata Sitepu kepada Kompas.com melalui keterangan tertulis, Selasa (5/4/2022).

Ia menjelaskan, pemadaman karhutla dilakukan setelah pihaknya mendapat laporan.

Petugas dari TNI dan kepolisian melakukan pemadaman karhutla menggunakan mesin pompa air.

Api cepat membesar dan sulit dipadamkan.

Penyebabnya adalah, karena lahan itu diduga baru saja dibersihkan pemiliknya sehingga kayu-kayu dan daun di dalamnya sudah mengering.

"Untuk pemadaman titik api, kami dibantu tim pemadam kebakaran dari PT BDB Bintala, PT Andika, dan PT Bintara. Kami bahu membahu menyiram titik api, agar tidak semakin meluas," sebut Sitepu.

Setelah dua jam berjibaku, akhirnya si jago merah bisa ditaklukkan petugas. Pemadaman tak berlangsung begitu lama, karena areal lahan tanah mineral.

"Saat ini api sudah padam. Kami mengimbau kepada masyarakat, agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar," tutup Sitepu.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/05/112453878/kebakaran-lahan-di-rokan-hulu-riau-diduga-sengaja-dibakar-pemiliknya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke