Salin Artikel

Siapa Akidi Tio, Pengusaha Aceh Penyumbang Rp 2 Triliun untuk Warga Sumsel Terdampak Pandemi

Keluarga Akidi Tio terkenal dengan kedermawanannya. Mereka sering membantu warga yang kesulitan, khususnya saat pandemi Covid-19.

Lalu, siapa sebenarnya Akidi Tio?

Prof dr Hardi Darmawan, dokter dari keluarga Akidi mengatakan, almarhum Akidi merupakan pengusaha asal Langsa, Aceh Timur, yang bergerak di bidang kontainer.

Akidi mempunyai tujuh orang anak, di mana enam di antaranya tinggal di Jakarta dan satu di Palembang. Semua anak Akidi berprofesi sebagai pengusaha.

Selama hidup, Akidi selalu berpesan kepada anak-anaknya agar selalu membantu masyarakat miskin.

"Mendiang bapak Akidi juga berpesan kepada anaknya, jika sukses dalam bidang usaha apa pun agar membantu orang miskin. Almarhum itu pengusaha di bidang pembesian dan kontainer," kata Hardi, saat menyerahkan bantuan Rp 2 triliun di Mapolda Sumsel, Senin (26/7/2021).

Hardi menjelaskan, bantuan ini bukan kali pertama diberikan keluarga Akidi.

Selama pandemi Covid-19, keluarga almarhum selalu membantu warga yang terdampak.

"Tetapi memang bantuan itu tidak pernah di-publish (dipublikasikan). Keluarga ini sering membantu warga yang isolasi mandiri," ujarnya.

Pernah tinggal di Palembang

Selain karena kedermawanannya, keluarga Akidi tergerak membantu warga Sumsel lantaran dulunya almarhum pernah tinggal di Palembang.

Ikatan tersebut membuatnya menyumbang dana bantuan yang begitu fantastis.

"Saya juga kaget saat ditelpon anaknya untuk menyerahkan bantuan ini, karena memang nilainya besar," jelasnya. (Penulis Kontributor Palembang, Aji YK Putra | Editor I Kadek Wira Aditya)

https://regional.kompas.com/read/2021/07/26/200815178/siapa-akidi-tio-pengusaha-aceh-penyumbang-rp-2-triliun-untuk-warga-sumsel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke