Salin Artikel

Ini Kendala Petugas Padamkan Karhutla di Riau, Minim Air hingga Cara Buka Lahan

KOMPAS.com - Upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau terkendal ulah warga yang diduga sembarangan membuka lahan dengan cara dibakar.

Selain itu, minimnya sumber air, lalu cuaca panas dan sulitnya medan juga menjadi kendala.

Lalu, angin kencang dan asap yang menyebar di lokasi juga menjadi tantangan petugas.

"Di samping anggota melakukan pemadaman, juga patroli dan mengimbau warga agar tidak membakar lahan. Karena, pembakaran lahan sangat banyak dampak serta dijerat dengan pidana penjara," kata Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Jumat (5/3/2021).

Agung menjelaskan, saat ini hamparan karhutla terdapat di Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 28 titik, Bengkalis 8 titik, Kota Dumai 9 titik, Indragiri Hilir (Inhil) 22 titik, dan Pelalawan 4 titik.

Lalu, petugas saat ini sudah memadamkan sebagian besar api yang ada di permukaan. Namun, api yang ada di dalam gambut masih mengeluarkan asap.

"Kebakaran yang mengeluarkan asap tebal di Kecamatan Teluk Belengkong, Kabupaten Inhil, kemudian di Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis, dan di Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan. Sedangkan sisanya tinggal asap tipis dan terus dilakukan upaya pendinginan," jelas Agung.

Agung menyebut, lebih kurang ada 11 titik hamparan api yang masih menyala.

Sementara itu, petugas gabungan yang terlibat pemadaman terdiri dari unsur TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, dan masyarakat peduli api (MPA).

(Penulis: Kontributor Pekanbaru, Idon Tanjung | Editor: Aprillia Ika)

https://regional.kompas.com/read/2021/03/06/060000078/ini-kendala-petugas-padamkan-karhutla-di-riau-minim-air-hingga-cara-buka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke