Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siaga Banjir dan Longsor, Ini Daerah Rawan Bencana di Semarang

Kompas.com - 23/06/2016, 16:37 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengeluarkan surat edaran siaga bencana banjir dan longsor yang berlaku mulai 20 Juni hingga 19 Juli 2016. Langkah ini terkait tingginya curah hujan di Jawa Tengah, khususnya di Kota Semarang.

Kepala Bagian Humas Pemkot Semarang Achyani mengatakan, surat edaran itu ditandatangani pada 20 Juni 2016. Surat tersebut mengingatkan seluruh camat dan lurah untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi segala kemungkinan terjadinya bencana.

"Langkah pencegahan, kesiapsiagaan, dan antisipasi ini untuk melindungi masyarakat dari bencana alam di wilayahnya masing-masing. Pemetaan wilayah rawan bencana yang sudah dilakukan agar benar-benar dipahami oleh masyarakat untuk kewaspadaan," kata Yani seperti dikutip Tribun Jateng, Kamis (23/6/2016).

Camat dan lurah diminta menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan terjadinya bencana alam.

Para pamong diminta segera melakukan mitigasi bencana dan mengambil langkah menyelamatkan warga masyarakat, agar jangan sampai ada korban jiwa.

"Titik-titik evakuasi dan tempat penampungan korban bencana di masing-masing kelurahan rawan bencana agar dilakukan pengecekan mengenai kesiapannya. Bagi masyarakat yang melihat atau terkena bencana alam agar menghubungi Posko BPBD Kota Semarang (024) 6730212," kata Yani.

Berdasarkan data BPBD Kota Semarang, daerah rawan banjir meliputi Kecamatan Tugu, Semarang Barat, Semarang Timur, Semarang Utara, Semarang Tengah, Pedurungan, dan Gayamsari.

Adapun daerah rawan longsor meliputi daerah berikut:
- Kecamatan Gunungpati: Gunungpati, Nongkosawit, Sekaran, Sadeng, Sukorejo, Kandri, Pongangan, dan Kalisegoro
- Kecamatan Banyumanik: Tinjomoyo dan Jabungan
- Kecamatan Semarang Barat: Manyaran, Kembangarum, Bongsari, Gisikdrono
- Kecamatan Gajahmungkur: Gajahmungkur, Bendan Dhuwur, Lempongsari, Kecamatan Ngaliyan meliputi Wonosari, Tambak Aji, Purwoyoso
- Kecamatan Candisari: Tegalsari, Candi, Jomblang, Karanganyar Gunung, sedangkan Kecamatan Tembalang meliputi Kedungmundu, Tembalang, Sendangguwo, Rowosari.

(Galih Permadi/Tribun Jateng)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com