Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Depan, Wali Kota Se-Asia Tenggara Bertemu di Makassar

Kompas.com - 03/09/2015, 18:08 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Pertemuan wali kota se-Asia Tenggara yang tergabung dalam Asian Mayor Forum (AMF) 2015 akan digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, 8-10 September mendatang. Untuk pengamanan, Polrestabes Makassar mengerahkan 500 pasukan di Kota Makassar.

Kepala Polrestabes Makassar Kombes Polisi Fery Abraham mengatakan, pihak kepolisian akan meningkatkan penjagaan selama acara berlangsung.

"Ada 500 pasukan dari berbagai fungsi yang dikerahkan. Pasukan itu dari Polrestabes Makassar dibantu pasukan dari Polda Sulselbar bersama peralatannya. Jadi tempat-tempat kegiatan AMF akan disterilkan," kata Fery.

Adapun dua tempat menginapnya para peserta AMF, lanjut Fery, Hotel Sheraton dan Hotel Clarion, akan dijaga ketat polisi di pengamanan internal hotel. Pengamanan di tempat-tempat kegiatan AMF juga dilengkapi dengan metal detector.

"Sudah beberapa hari polisi dengan Pemkot Makassar rapat. Informasinya, bukan hanya Walikota se-Asean saja yang akan hadir. Tetapi banyak Gubernur yang akan juga hadir. Jadi setibanya di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar sampai di hotel, mereka akan dikawal oleh polisi. Jadi kita tetap akan berkoordinasi dengan Polres Maros," tuturnya.

Fery menambahkan, selain personel kepolisian, anggota TNI dari Kodim 1408 BS Makassar juga turun ke lapangan. Rencananya, TNI akan memulai operasi cipta kondisinya malam ini, Kamis (3/9/2015).

"Tidak ada pengamanan khusus seperti penyiapan pasukan penembak jitu. Hanya kendaraan taktis saja disiagakan di beberapa titik. Jelas Pantai Losari sudah steril dari preman," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com