Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arwan Calon Bupati Magelang Terkaya, Zaenal "Termiskin"

Kompas.com - 02/10/2013, 17:05 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang mengumumkan harta kekayaan peserta pemilihan Pupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Magelang periode 2014-2019, Rabu (2/10/2013). Masing-masing calon mengumumkan harta kekayaan mereka berdasarkan hasil audit Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Ballroom Hotel Grand Artos Aerowisata Kabupaten Magelang.

Dari daftar kekayaan enam pasangan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup), tercatat Muhammad Arwan sebagai cabup terkaya dengan total nilai kekayaan mencapai Rp 2,1 miliar. Sedangkan cabup "termiskin" adalah Zaenal Arifin dengan total nilai kekayaan Rp 262 juta.

Sementara cawabup terkaya masih diduduki pasangan cabup Muhammad Arwan, yakni Haiban Hajid dengan total nilai kekayaan Rp 6, 1 miliar. Sedangkan cawabup "termiskin" adalah Eko Purnomo dengan total nilai kekayaan Rp 113,6 Juta.

Untuk empat cabup yang lain, yakni Susilo memiliki harta kekayaan sebesar Rp 1 miliar, Rohadi Pratoto Rp 1,4 miliar, Handoko Rp 1,9 miliar dan Ahmad Majidun Rp 1,2 miliar. Sedangkan untuk cawabup lainnya, yakni Mujadin memiliki harta kekayaan mencapai Rp 188 juta, Muhammad Achadi Rp 3,4 miliar, Sad Priyo Putro Rp 1,7 miliar dan M Zaenal Arifin Rp 1,6 miliar.

Dari hasil tersebut, Muhammad Arwan dan Haiban adalah pasangan cabup dan cawabup terkaya dengan total nilai kekayaan sebesar Rp 8,2 miliar. Sedangkan pasangan cabup dan cawabup termiskin adalah paslon bupati wabup Susilo dan Mujadin Rp 1,1 miliar.

Ketua KPU Kabupaten Magelang, Makmun Rahmatullah mengatakan, penyampaian dan pengumuman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tersebut merupakan tahapan dalam pilbup yang akan digelar 27 Oktober 2013 mendatang.

“Sebelum diumumkan, masing-masing paslon membuat daftar kekakayaan kemudian dimasukkan ke KPU, lalu dilaporkan dan diaudit KPK sesuai dengan nilai jual objek pajak (NJOP) bukan berdasarkan harga pasar,” jelas Makmun.

Tahapan ini, kata Makmun, untuk mengantisipasi adanya peningkatan kekayaan sebelum, saat dan menjabat serta sebagai wujud untuk menyelenggarakan pilkada bersih, tranparan, jujur dan akuntabel sebagaimana digaungkan KPK selama ini.

Seusai mengumumkan harta kekayaan, keenam pasangan calon menandatangani Komitmen Berintegritas. Komitmen tersebut untuk menjalankan proses tahapan Pilbup secara berintegritas, transparan dan akuntabel, bersih tanpa politik uang baik langsung maupun tidak langsung. Serta komitmen untuk berperan aktif dalam upaya pemberantasan korupsi dan tidak melakukan korupsi.

Pilbup Kabupaten Magelang akan digelar pada 27 Oktober 2013 mendatang. Diikuti oleh enam pasangan cabup dan cawabup, antara lain Susilo-Mujadin Putu Murja (PAN dan PPP); Rohadi Pratoto-Muhamad Achadi (Partai Golkar, PKB dan PKS); Handoko dan Eko Purnomo (jalur independen); Zaenal Arifin - M Zaenal Arifin (PDI Perjuangan); Achmad Majidun-Sad Priyo Putra (Partai Demokrat, Hanura, PPRN dan PBB) dan Muhammad Arwan-Haiban Hajid (Partai Gerindra dan PKNU).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com