Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Pamekasan Tim Karsa dan Berkah Saling Klaim Kemenangan

Kompas.com - 30/08/2013, 19:23 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis


PAMEKASAN, KOMPAS.com - Tim pemenangan pasangan calon Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) dan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja (Berkah) di Pamekasan sama-sama mengklaim kemenangan pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur.

Masing-masing berdasarkan hasil rekapitulasi internal tim pemenangan yang dirilis ke publik. Ketua Tim Pemenangan BerkaH Kabupaten Pamekasan, Abdurrahman Abbas, memaparkan, pasangan Berkah unggul 2.963 suara jika dibandingkan dengan pasangan nomor urut 1 Karsa.

Rinciannya, Karsa memperoleh 163.074 suara, Eggi-Sihat 7.031 suara, Bangsa 45.622 suara dan Berkah meraih 166.037 suara. "Data itu sudah berdasarkan formulir C1 yang dikirim masing-masing saksi di TPS. Jadi tidak diragukan lagi kemenangan pasangan BerkaH," kata Abdurrahman, Jumat (30/8/2013).

Berbeda dengan Abdurrahman Abbas, ketua tim pemenangan pasangan Karsa, Mukit memaparkan, Karsa unggul dari Berkah dengan selisih suara 2.342 suara. Rinciannya masing-masing pasangan Karsa 164.849 suara, Eggi-Sihat 6819 suara, Bangsa 47.496 suara, BerkaH sebanyak 162.507 suara.

"Kami sudah pegang datanya dan itu data riil yang ada di masing-masing TPS," ungkap Mukit.

Bahkan kata Mukit, empat kecamatan di Pamekasan pasangan Karsa unggul dengan perolehan suara signifikan. Empat kecamatan itu adalah Kecamatan Kota Pamekasan dengan total keunggulan 9.000 suara, Kecamatan Proppo dengan kemenangan mencapai 7.000 suara, Kecamatan Batumarmar menang 2.000, serta Kecamatan Pademawu dengan kemenangan 1.700 suara.

"Di kecamatan yang lain Karsa juga menang meskipun selisihnya tipis dengan pasangan Berkah," paparnya.

Namun demikian, untuk memastikan kemenangan itu, kedua tim pemenangan sepakat untuk menunggu hasil rekapitulasi manual di KPU Pamekasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com