Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saksi Eggy-Sihat Tak Hadir di Semua TPS Pasuruan

Kompas.com - 29/08/2013, 14:45 WIB
Kontributor Pasuruan, Moh. Anas

Penulis


PASURUAN, KOMPAS.com - Kehadiran saksi-saksi hampir di semua tempat pemungutan suara (TPS) pada Pilgub Jatim di Kota Pasuruan timpang. Pasalnya, saksi dari pasangan calon (paslon) Independen nomor 2 Eggy Sudjana-M Sihat (Beres) tidak hadir di TPS, Kamis (29/08/2013).

Berdasarkan pantauan Kompas.com di sejumlah TPS, saksi dari "Beres" tidak telihat dan tidak hadir. Sedangkan tiga saksi dari paslon Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa), Bambang DH-Said Abdullah (Jempol) dan Khofifah Indar Parawangsah-Herman (Berkah) hadir sebelum pemungutan suara dimulai. "Hanya tiga saksi saja yang hadir, saksi dari pak Eggy (Beres) tidak hadir," ujar Hariyono, Ketua PPS di TPS 4 Bugul Kidul.

Selain itu, di TPS kawasan Pesisir Utara di kampung nelayan Panggungrejo, saksi "Beres" juga tidak hadir. "Di sini yang hadir tiga saksi saja, dari KArsa, Berkah dan Jempol," ujar salah satu anggota KPPS di TPS 2.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan "Beres" Kota Pasuruan, Sirwantoro tidak mempersoalkan tidak hadirnya saksi Beres. "Ya, memang dari Pak Eggi sendiri tidak memasang saksi. Tidak hanya di sini, hampir se-Jawa Timur tidak ada," terangnya.

Sementara itu, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pasuruan menilai, ketidakhadiran saksi "Beres" di semua TPS yang jumlahnya mencapai 275 buah itu tidak dapat mengganggu proses pemungutan suara. "Ketidakhadiran saksi di TPS tidak dapat menggaggu jalannya pemungutan suara, jadi KPPS bisa memulainya jam 7 pagi," ujar Nico Trisno, anggota Panwaslu Kota Pasuruan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com