Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

80 Persen Dukungan KTP untuk Eggy Sudjana Tak Sah

Kompas.com - 15/05/2013, 14:32 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Dari 1,2 juta dukungan KTP yang diserahkan pasangan cagub-cawagub Jawa Timur jalur independen, Eggy Sudjana-M Sihat, ternyata hanya sekitar 20 persen yang dinyatakan memenuhi syarat. Artinya, hanya ada sekitar 240.000 dukungan KTP.

Sisanya, berdasarkan hasil verifikasi faktual KPU kabupaten/kota, sekitar 960.000 dukungan KTP dinyatakan tidak memenuhi syarat. ''Berdasarkan laporan dari KPU kabupaten/kota, dukungan faktual KTP kebanyakan tidak menyertakan materai atau masih menyertakan nama cawagub lama, Edi Prasetyo,'' kata Ketua Pokja Pencalonan KPU Jatim, Agung Nugroho, Rabu (15/5/2013).

Bahkan, menurut laporan penelitian dukungan bakal calon perseorangan KPU kabupaten/kota, ada lima daerah yang dinyatakan sama sekali tidak ada dukungan yang memenuhi syarat, yakni di Tulungagung, Madiun, Bojonegoro, Kota Pasuruan, dan Kota Mojokerto.

Berdasarkan hasil laporan penelitian dan verifikasi di tingkat kabupaten/kota, kata Agung, maka pasangan cagub-cawagub Eggy Sudjana-Sihat harus mengganti dua kali lipat kekurangan itu, atau harus kembali menyediakan sekitar 1,8 juta dukungan KTP.

''Syarat itu paling lama harus diserahkan pada akhir masa perbaikan, yakni 23 Juni nanti,'' ujarnya.

Eggy Sudjana-Sihat adalah pasangan jalur independen pertama dalam suksesi Pilgub Jatim tahun ini. Pasangan tersebut adalah pasangan pertama yang mendaftar dari beberapa nama pasangan yang dipastikan maju, seperti Soekarwo-Saifullah Yusuf, Khofifah Indar Parawansah-Herman S Sumawiredja, dan Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com